Polisi Israel Tembak Mati Seorang Pria Bersenjata di Kota Tua Yerusalem

Minggu, 21 November 2021 - 20:00 WIB
loading...
Polisi Israel Tembak Mati Seorang Pria Bersenjata di Kota Tua Yerusalem
Kota tua Yerusalem. FOTO/Reuters
A A A
YERUSALEM - Seorang pria Palestina bersenjata dari kelompok Islam Hamas membunuh seorang warga sipil dan melukai tiga orang lainnya di Kota Tua Yerusalem, Minggu (21/11/2021). Pria itu akhirnya ditembak mati oleh polisi Israel .

Seperti dilaporkan Reuters, insiden itu adalah serangan kedua di Yerusalem dalam empat hari terakhir. Insiden terjadi di dekat salah satu gerbang kompleks Masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam. Orang-orang Yahudi menghormati situs tersebut sebagai sisa dari dua kuil kuno.



Menteri Keamanan Dalam Negeri Israel, Omer Barlev menggambarkan pria bersenjata itu sebagai anggota Hamas dari Yerusalem Timur. “Dia menggunakan senapan mesin ringan dalam serangan itu,” kata Barlev.

Hamas mengkonfirmasi bahwa pria yang diidentifikasi oleh Israel sebagai penyerang adalah anggotanya. Serangan itu melukai serius dua warga sipil, salah satunya meninggal di rumah sakit, kata seorang juru bicara polisi. Sementara dua petugas polisi terluka ringan.

Rabi Zevi Katzanelbogen, seorang penduduk Kawasan Yahudi di Kota Tua, mengatakan bahwa dia sedang berjalan pulang dari sholat subuh di Tembok Barat, berbelok di tikungan dan mendengar suara tembakan. Beberapa saat kemudian dia terkena peluru di lengannya, katanya kepada wartawan dari ranjang rumah sakitnya.

Kantor berita AP melaporkan, media Palestina mengidentifikasi penyerang sebagai Fadi Abu Shkhaidem, dan membagikan gambar dia mengenakan jubah hitam panjang dan mantel hitam dan membawa senjata api yang mirip dengan yang ditunjukkan dalam foto polisi. Shkhaidem adalah seorang guru di sebuah sekolah menengah di dekat Kota Tua.



Kelompok militan Hamas memuji serangan itu dalam sebuah pernyataan, tetapi berhenti mengklaim tanggung jawab, menyebut insiden itu sebagai "operasi heroik." Ia kemudian mengklaim Abu Shkhaidem sebagai salah satu anggotanya.

"Perlawanan rakyat kami akan terus sah dengan segala cara dan alat melawan penjajah Zionis sampai tujuan yang kami inginkan tercapai dan pendudukan diusir dari tempat suci kami dan semua tanah kami," kata juru bicara Abdel Latif al-Qanou.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett memerintahkan keamanan ditingkatkan di sekitar Yerusalem setelah serangan tersebut. "Pada pagi seperti ini, seseorang dapat menarik dukungan dari keputusan (Inggris) untuk menggambarkan Hamas - termasuk apa yang disebut sayap politiknya - sebagai organisasi teroris," kata Bennett kepada kabinetnya.

Israel merebut Kota Tua dan bagian lain dari Yerusalem Timur dalam Perang Enam Hari 1967 dan mencaploknya, dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional. Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan. Israel mengatakan seluruh kota adalah ibukota abadi dan tak terpisahkan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)