Amerika Serikat Pesan 10 Juta Pil Pengobatan Anti-Covid dari Pfizer

Sabtu, 20 November 2021 - 15:01 WIB
loading...
Amerika Serikat Pesan 10 Juta Pil Pengobatan Anti-Covid dari Pfizer
Obat Covid-19 produksi Pfizer. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengumumkan pihaknya akan membeli 10 juta pil pengobatan Covid-19 Pfizer , Kamis (18/11/2021). Kesepakatan ini bernilai USD5,3 miliar dan disebut-sebut sebagai "langkah penting" untuk memerangi pandemi.

"Hari ini, saya mengumumkan bahwa kami telah membeli 10 juta kursus pengobatan pil Pfizer antivirus Covid-19, dengan pengiriman dimulai pada akhir tahun ini dan sepanjang 2022," kata Biden, seperti dilaporkan AFP. Ia menambahkan, perawatan akan dilakukan, mudah diakses, dan gratis.



Pekan ini, Pfizer mengajukan permohonan otorisasi penggunaan darurat AS untuk pil antivirus Paxlovid-nya. Pil ini diklaim terbukti sangat efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian di antara pasien berisiko tinggi.

Sementara kesepakatan bergantung pada persetujuan pengobatan oleh Food and Drug Administration, Biden mengatakan, dia telah mengambil "langkah-langkah segera untuk mengamankan pasokan yang cukup bagi rakyat Amerika."

“Vaksin yang tersedia secara luas tetap menjadi "alat terkuat" Amerika dalam perang melawan Covid-19. Pengobatan antivirus dapat terbukti menjadi alat penting lain dalam gudang senjata kita yang akan mempercepat jalan kita keluar dari pandemi," papar Biden.

Di antara pasien berisiko tinggi yang baru terinfeksi yang dirawat dalam waktu tiga hari sejak timbulnya gejala, pil Pfizer telah terbukti mengurangi rawat inap atau kematian hingga hampir 90 persen. Pfizer secara terpisah mengumumkan kesepakatan USD5,3 miliar, tergantung pada persetujuan dari regulator.



Pada Juni lalu, pemerintah AS mengumumkan bahwa mereka menginvestasikan USD3 miliar untuk mempercepat penemuan, pengembangan, dan pembuatan obat-obatan antivirus. AS juga membeli 3,1 juta program pil antivirus yang dikembangkan oleh Merck, yang disebut Molnupiravir, yang sedang menunggu lampu hijau FDA.

Paxlovid Pfizer adalah kombinasi dari molekul baru, PF-07321332, dan ritonavir antivirus HIV. Keduanya termasuk dalam kelas antivirus yang disebut "inhibitor protease," yang memblokir aksi enzim penting untuk replikasi virus. Kursus pengobatan terdiri dari satu pil setiap 12 jam selama lima hari.

"Kami senang dengan hasil terbaru dari analisis sementara Fase 2/3 kami, yang menunjukkan kemanjuran luar biasa dari Paxlovid. Dan, senang pemerintah AS mengakui potensi ini," kata Ketua dan kepala eksekutif Pfizer Albert Bourla dalam pernyataannya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2268 seconds (0.1#10.140)