Pasca Insiden dengan Kapal Filipina di LCS, AS Peringatkan China Jangan Provokatif

Sabtu, 20 November 2021 - 07:15 WIB
loading...
Pasca Insiden dengan Kapal Filipina di LCS, AS Peringatkan China Jangan Provokatif
Kapal Penjaga Pantai China semprotkan meriam air ke kapal Vietnam. FOTO/Xinhua
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyebut tindakan China dalam menggunakan meriam air terhadap kapal pemasok Filipina di Laut China Selatan (LCS) sebagai langkah "berbahaya, provokatif, dan tidak dapat dibenarkan". AS memperingatkan bahwa serangan bersenjata terhadap kapal Filipina akan memicu pertahanan timbal balik AS.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price mengatakan, Washington mendukung Filipina di tengah eskalasi yang secara langsung mengancam perdamaian dan stabilitas regional. “Beijing tidak boleh mengganggu kegiatan Filipina yang sah di zona ekonomi eksklusif Filipina,” kata Price dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (19/11/2021).



"Amerika Serikat mendukung sekutu Filipina kami dalam menegakkan tatanan maritim internasional berbasis aturan dan menegaskan kembali bahwa serangan bersenjata terhadap kapal umum Filipina di Laut China Selatan akan memicu komitmen pertahanan bersama AS," kata Price.

Sementara Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin menegaskan kembali komitmen pertahanan Amerika ke Manila dan berjanji untuk "berdiri dengan sekutu Filipina kami" dalam panggilan pada hari Jumat dengan rekannya di Filipina, Delfin Lorenzana.

"Mereka sepakat tentang pentingnya perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan dan berjanji untuk tetap berhubungan dekat dalam beberapa hari mendatang," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.



Pada hari Kamis, Filipina mengutuk "dalam istilah terkuat" tindakan tiga kapal penjaga pantai China yang dikatakan memblokir dan menggunakan meriam air pada kapal pasokan menuju atol yang diduduki Filipina di Laut China Selatan.

Insiden itu terjadi beberapa hari setelah Presiden AS Joe Biden dan pemimpin China Xi Jinping mengadakan pertemuan virtual 3-1/2 jam minggu ini yang bertujuan untuk memastikan bahwa persaingan yang semakin ketat dan sengit antara negara adidaya tidak mengarah ke konflik.

"Amerika Serikat sangat percaya bahwa tindakan RRT yang menegaskan klaim maritim Laut China Selatan yang luas dan melanggar hukum merusak perdamaian dan keamanan di kawasan itu," tambah Price dalam pernyataannya, merujuk pada Republik Rakyat China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)