Laporan Badan Kongres AS: Militer China Akan Segera Serang Taiwan

Kamis, 18 November 2021 - 05:12 WIB
loading...
Laporan Badan Kongres AS: Militer China Akan Segera Serang Taiwan
Laporan badan Kongres AS menyebut militer China akan segera serang Taiwan. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Militer China sekarang atau akan segera memiliki kemampuan untuk menyerang Taiwan . Begitu bunyi kesimpulan laporan lembaga pemerintah Amerika Serikat (AS).

Laporan tahunan yang baru dirilis Komisi Peninjauan Ekonomi dan Keamanan AS-China menyatakan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), sebutan untuk militer China, mampu mendaratkan setidaknya 25.000 tentara di Taiwan untuk membangun tempat berpijak awal. Komisi ini adalah sebuah badan yang ditunjuk Kongres AS yang dirancang untuk memberikan nasihat ekonomi dan keamanan nasional yang spesifik dan non-partisan kepada Kongres dan presiden.

"Mereka memberikan semua tanda bahwa ini adalah opsi yang mereka pertimbangkan untuk layak," ucap mantan Senator Republik Jim Talent, yang sekarang menjadi anggota komisi, setelah rilis laporan tahun ini seperti dikutip dari US News, Kamis (18/11/2021).

Selanjutnya memperumit upaya AS untuk mencegah China merebut kendali Taiwan dengan paksa adalah taktik baru yang telah digunakan PLA yang mengimbangi beberapa potensi militer AS di wilayah tersebut. Laporan tersebut mendokumentasikan bahwa militer China telah berlatih dengan tongkang, feri, dan kapal sipil lainnya untuk mengangkut pasukan militer melintasi Selat Taiwan atau di tempat lain di samping transportasi militer yang lebih konvensional.



“Mengingat pengerahan ini, semakin tidak pasti bahwa pasukan militer konvensional AS saja akan terus menghalangi para pemimpin China untuk memulai serangan terhadap Taiwan,” laporan itu menyimpulkan.

Namun terlepas dari retorika permusuhan baru-baru ini terhadap Taiwan, komitmen China untuk reunifikasi paksa pulau itu masih belum jelas. Kepemimpinan politiknya pada akhirnya akan membuat keputusan untuk menyerang, bukan militernya, dan menghadapi kendala substansial pada kemampuannya untuk menggunakan kekuatan itu, laporan komisi menyimpulkan.

“Ini termasuk ketidakpastian yang melekat dari konfrontasi militer dengan Amerika Serikat, kerusakan luas yang kemungkinan akan terjadi pada ekonomi China, dan risiko bahwa serangan terhadap Taiwan dapat mendorong pembentukan koalisi negara-negara yang bertekad untuk membatasi pertumbuhan lebih lanjut. dalam kekuatan dan pengaruh China," katanya.

Penilaian baru datang pada saat yang sangat sulit bagi Taiwan, sebuah negara demokrasi yang secara resmi hanya diakui oleh negara-negara kecil yang jumlahnya menyusut. China, yang telah menggunakan tekanan ekonomi dan diplomatik untuk mengisolasi Taipei secara internasional, menganggap pemerintah Taiwan tidak sah dan pulau itu tidak lebih dari wilayah nakal bagi Beijing.

Kekhawatiran tentang aksi militer telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir menyusul penilaian AS dan Taiwan bahwa upaya China untuk merebut kembali kendali pulau itu dengan paksa dapat terjadi dalam beberapa tahun. China juga telah menyatakan kemarahannya atas meningkatnya kesediaan AS untuk mengakui kehadiran pelatih militer Amerika di Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)