Pertama di Dunia, Barbados Dirikan Kedutaan di Metaverse

Selasa, 16 November 2021 - 22:35 WIB
loading...
Pertama di Dunia, Barbados Dirikan Kedutaan di Metaverse
Barbados menjadi negara pertama di dunia yang setuju mendirikan kedutaan di Metaverse. Foto/Ilustrasi/Cryptoslate
A A A
BRIDGETOWN - Negara kepulauan Barbados memperluas jangkauan diplomatiknya hingga ke dunia maya. Pulau kecil di Karibia itu telah menandatangani perjanjian dengan platform berbasis blockchain untuk mendirikan kedutaan digital pertama untuk negara-negara berdaulat.

CoinDesk melaporkan pemerintah Barbados secara resmi menandatangani perjanjian untuk mendirikan kedutaan digital di Decentraland, lingkungan digital berbasis milik pengguna mata uang kripto Ethereum , pada Minggu lalu. Laporan itu mengutip Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri Barbados. Platform teknologi juga mencatat langkah tersebut dalam sebuah tweet.

Menurut kementerian negara itu Barbados tidak berencana untuk menghentikan ekspansi digitalnya dan sedang menyelesaikan rincian untuk kesepakatan serupa dengan sejumlah platform realitas virtual lainnya, termasuk Somnium Space dan SuperWorld.



Ketika para pejabat pertama kali menyetujui kedutaan metaverse pada bulan Agustus, pemerintah menyebut proyek itu sebagai bentuk “diplomasi teknologi," dengan mengatakan itu dapat membuka pintu untuk pertukaran budaya lebih lanjut dengan negara-negara lain.

Ditetapkan sekitar bulan Januari, pembukaan kedutaan akan menjadikan Barbados negara pertama di dunia yang mengakui “tanah berdaulat digital.” Meskipun inisiatif ini masih dalam tahap awal dan agak eksperimental, ini mengikuti langkah lain ke dunia maya dalam beberapa tahun terakhir, termasuk penciptaan dolar elektronik Barbados pada tahun 2016. Konsep itu dipelopori oleh utusan negara saat ini untuk Uni Emirat Arab , Gabriel Abed, yang juga memimpin upaya untuk mendirikan kedutaan metaverse.

“Kedutaan adalah titik awal untuk mendapatkan visa untuk memasuki suatu negara, atau perjalanan bebas visa. Bisakah Anda bayangkan seperti apa tampilannya secara virtual? Dan ke mana e-visa itu bisa membawa Anda?” kata Abed dalam sebuah wawancara dengan CoinDesk seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (16/11/2021).



Menggabungkan elemen media sosial dan realitas virtual, konsep 'metaverse' terus mendapatkan popularitas dan menarik minat dari perusahaan Big Tech. Bulan lalu, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan mengubah citra dirinya di bawah perusahaan induk baru, Meta, dan berusaha untuk memperluas ke metaverse, sementara lusinan perusahaan lain, termasuk Microsoft, Roblox dan Nvidia, juga ingin mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras untuk mendukung dunia digital, menurut CNBC.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)