Rusia Konfirmasi Berhasil Menguji Sistem Anti-Satelit, Barat Makin Waswas

Selasa, 16 November 2021 - 21:30 WIB
loading...
Rusia Konfirmasi Berhasil Menguji Sistem Anti-Satelit, Barat Makin Waswas
Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengatakan negaranya telah berhasil melakukan tes pada 15 November untuk menembak satelit Rusia yang tidak beroperasi, Tselina-D.

Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu mengkonfirmasi Rusia telah berhasil menguji sistem anti-satelit. Keberhasilan itu semakin membuat Barat waswas dengan kemampuan militer Moskow.

“Kami benar-benar berhasil menguji sistem yang menjanjikan. Tepatnya mengenai satelit lama,” ungkap Shoigu menjawab pertanyaan wartawan saat melakukan perjalanan kerja ke pasukan Distrik Militer Barat di wilayah Voronezh.



“Pecahan satelit lama yang terbentuk selama pengujian sistem anti-satelit, tidak menimbulkan ancaman bagi aktivitas luar angkasa,” papar Sergei Shoigu.



Sebelumnya pada hari itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Amerika Serikat telah sangat menyadari bahwa pecahan satelit yang jatuh tidak menimbulkan ancaman bagi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) atau aset luar angkasa lainnya, mengingat waktu pengujian dan parameter orbital.

“Puing telah segera ditambahkan ke katalog utama sistem kontrol ruang angkasa Rusia dan akan dilacak sampai tidak ada lagi,” papar Kemhan Rusia.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2738 seconds (0.1#10.140)