Putra Muammar Gaddafi Daftarkan Diri sebagai Calon Presiden Libya

Selasa, 16 November 2021 - 01:30 WIB
loading...
Putra Muammar Gaddafi Daftarkan Diri sebagai Calon Presiden Libya
Saif al-Islam Gaddafi, putra mantan pemimpin Libya Muammar Gaddafi. FOTO/Arab News
A A A
SEBHA - Saif al-Islam Gaddafi, putra mantan pemimpin Libya Muammar Gaddafi , mendaftarkan diri sebagai calon presiden Libya untuk pemilihan 24 Desember mendatang di bawah kesepakatan yang disponsori oleh PBB setahun yang lalu. Pendaftaran diri Saif ini dikonfirmasi oleh Komisi Pemilihan Tinggi Libya.

Seperti dilaporkan Anadolu Agency, Minggu (14/11/2021), Saif mengajukan permohonan mengikuti pemilihan presiden meskipun surat perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) masih berlaku.



"Surat perintah penangkapan tetap berlaku dan tidak berubah. Namun, ICC tidak mengomentari masalah politik," kata juru bicara ICC, Fadi Al-Abdullah. Pada 2015, pengadilan Libya menghukum Saif secara "in absentia" atas kejahatan perang yang dilakukan pada 2011.

Saif adalah salah satu tokoh paling menonjol yang diperkirakan akan mencalonkan diri sebagai presiden Libya. Selain Saif, juga muncul nama Komandan Libya Timur Khalifa Haftar, Perdana Menteri Abdulhamid al-Dbeibah dan Ketua Parlemen Aguila Saleh.

Foto-foto yang didistribusikan di media sosial menunjukkan Saif dengan jubah dan sorban cokelat tradisional, dan dengan janggut abu-abu dan kacamata, menandatangani dokumen di pusat pendaftaran di kota selatan Sebha.

Terlepas dari dukungan publik dari sebagian besar faksi Libya dan kekuatan asing untuk pemilihan pada 24 Desember, pemungutan suara masih diragukan karena entitas yang bersaing memperebutkan aturan dan jadwal.



Sebuah konferensi besar di Paris pada hari Jumat sepakat untuk memberikan sanksi kepada siapa pun yang mengganggu atau mencegah pemungutan suara. Tetapi, masih belum ada kesepakatan tentang aturan untuk mengatur siapa yang harus dapat mencalonkan diri.

Saif kemungkinan akan memainkan nostalgia untuk era sebelum pemberontakan yang didukung NATO 2011, yang menyapu ayahnya dari kekuasaan dan mengantarkan satu dekade kekacauan dan kekerasan.

Dalam sebuah wawancara dengan The New York Times, Saif menegaskan: "Sekarang, saya orang bebas dan saya berencana untuk kembali ke panggung politik". Ia mengaku memanfaatkan ketidakhadirannya untuk memantau situasi politik di Timur Tengah dan bekerja diam-diam untuk mengatur kembali kekuatan politik yang berafiliasi dengan ayahnya, yang dikenal sebagai Gerakan Hijau.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)