India Buka Lagi Kuil dan Mal Pekan Depan, Tanpa Percikan Air Suci

Jum'at, 05 Juni 2020 - 21:15 WIB
loading...
India Buka Lagi Kuil dan Mal Pekan Depan, Tanpa Percikan Air Suci
Pengunjung memadati kuil Hindu di India. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - India akan membuka mal, restoran dan tempat ibadah yang biasanya menarik kerumunan pada pekan depan, meski infeksi virus corona masih bertambah.

Pemerintahan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi mencabut lockdown terhadap 1,3 miliar populasi yang berlaku sejak Maret.

Panduan ketat diberikan selama pelonggaran lockdown mulai pekan depan. "Para tamu hotel akan dites suhu tubuh, masker akan diwajibkan setiap saat, dan restoran harus memasang meja berjarak untuk social distancing saat dibuka lagi," ungkap ketentuan yang dirilis Kementerian Dalam Negeri India.

Di tempat ibadah, semua orang harus mencuci tangan dan kaki sebelum masuk serta tidak akan ada pembagian makanan atau percikan air suci atau menyentuh patung dewa dan kitab suci.

"Dengan potensi ancaman penyebaran infeksi, sebisa mungkin memutar rekaman musik atau lagu dan kelompok paduan suara tidak akan diizinkan," papar aturan itu.

Tempat ibadah di India, terutama kuil Hindu menarik ribuan orang pengunjung dan biasanya tak cukup tempat untuk social distancing.

Di kuil Sai, Delhi, pengelola telah mengecat beberapa lingkaran di jalan agar orang berdiri sehingga mereka dapat tetap menjaga jarak di sepanjang gang yang sempit. (Baca Juga: Lockdown Bongkar Para Suami Poligami, Perceraian Naik 30% di Saudi)

Total infeksi corona di India mencapai 226.770 dan 6.348 orang meninggal. Pada tingkat penambahan kasus saat ini, jumlah kasus di India bisa melampaui Italia dalam dua hari mendatang menjadi negara keenam terbesar di dunia untuk kasus corona.

Dengan kondisi itu, beberapa pakar kesehatan khawatir dengan langkah pemerintah melonggarkan lockdown. (Baca Juga: 2021, Jepang Akan Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)