Terungkap, AS Rahasiakan Serangan Udaranya Tewaskan 70 Wanita dan Anak-anak di Suriah

Minggu, 14 November 2021 - 10:25 WIB
loading...
A A A
NYT mengatakan penyelidikannya atas serangan Baghuz menunjukkan bahwa satuan tugas operasi khusus itu mengabaikan aturan yang dimaksudkan untuk melindungi warga sipil dan pasukan jarang menghadapi konsekuensi ketika mereka menyebabkan kematian warga sipil.



Petugas CIA yang bekerja di Suriah menuduh bahwa dalam sekitar 10 insiden, satuan tugas mencapai target mengetahui warga sipil akan dibunuh, dan menimbulkan kekhawatiran dengan inspektur jenderal Departemen Pertahanan.

Inspektur jenderal menyelidiki dan memutuskan bahwa semua serangan itu sah.

Staf di pusat operasi di Qatar juga menjadi prihatin dengan serangan gugus tugas dan pengacara Angkatan Udara mulai melacak pembenaran pertahanan diri yang digunakan gugus tugas untuk menyebut serangan kemudian membandingkannya dengan rekaman drone.

Mereka menemukan bahwa satuan tugas itu menambahkan rincian yang secara hukum akan membenarkan sernagan, seperti melihat seorang pria dengan pistol, bahkan ketika rincian itu tidak terlihat dalam rekaman.

Minggu ini, Komando Pusat AS mengakui bahwa serangan itu menewaskan 80 orang, tetapi mengatakan serangan itu dibenarkan.

“Bom itu menewaskan 16 pejuang dan empat warga sipil. Adapun 60 orang lainnya yang tewas, tidak jelas apakah mereka warga sipil, sebagian karena perempuan dan anak-anak di ISIS terkadang mengangkat senjata,” bunyi pernyataan itu.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)