Musa al-Qarni, Ulama Pembangkang yang Dipukuli hingga Meninggal di Penjara Arab Saudi

Jum'at, 12 November 2021 - 13:23 WIB
loading...
A A A


Para reformis Jeddah adalah sekelompok aktivis HAM yang ditangkap pada Februari 2007 atas tuduhan mencoba membentuk organisasi yang menentang pemerintah Arab Saudi.

Pada Januari 2012, para terdakwa diberikan jaminan atau pengampunan Kerajaan Arab Saudi. Mereka yang diberi pengampunan kerajaan harus menandatangani surat permintaan maaf dan menunjukkan penghargaan mereka atas pengampunan itu. Namun, enam aktivis menolak menandatangani surat tersebut.

Jaksa lantas menyerukan agar beberapa reformis Jeddah dieksekusi mati.

Arab Saudi secara de facto dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Pangeran Mohammed inilah yang telah berusaha mengubah citra kerajaan ultra-konservatif menjadi kerajaan moderat di mata internasional. Namun, dia juga mengintensifkan tindakan keras terhadap para aktivis HAM dan pembangkang politik.

Di antara mereka yang terjebak dalam tindakan keras tersebut adalah ulama reformis Sunni seperti Salman al-Odah, Ali al-Omari dan Awad al-Qarni, serta Pangeran Ahmed bin Abdulaziz yang tak lain adalah paman Putra Mahkota Mohammed bin Salman.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)