Legislator AS Sambangi Taiwan di Tengah Latihan Militer China

Rabu, 10 November 2021 - 15:11 WIB
loading...
A A A
"Latihan itu dilakukan untuk lebih meningkatkan kemampuan tempur gabungan dari beberapa dinas dan cabang militer," kata Kolonel Senior Shi Yi, juru bicara Komando Teater Timur PLA, menurut tabloid yang dikelola negara Global Times.



"Latihan ini ditargetkan pada gerakan dan pernyataan salah negara tertentu tentang pertanyaan Taiwan serta kegiatan separatis Taiwan, dan merupakan tindakan yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan negara itu," kata Shi.

Dalam siaran pers pada Selasa malam, Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan melaporkan bahwa enam pesawat tempur China memasuki wilayah ADIZ barat daya pada hari itu.

Ketika ditanya tentang perjalanan itu, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan kepada wartawan: "Bukan kebiasaan kami untuk mengkonfirmasi delegasi kongres atau berbicara dengan mereka."

Ini bukan pertama kalinya delegasi senator AS terbang ke Taiwan. Pada bulan Juni, delegasi Amerika termasuk Senator Tammy Duckworth, mendarat di kapal barang C-17 Globemaster III Angkatan Udara AS untuk mengumumkan sumbangan 750.000 dosis vaksin COVID-19. Dan sebelumnya, pejabat dan politisi AS telah terbang ke Taiwan dengan C-40, versi militer dari pesawat komersial Boeing 737.

Sekretaris Pers Pentagon John Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa kunjungan itu dilakukan oleh delegasi kongres AS dan itu "tidak biasa" bagi mereka untuk melakukan perjalanan dengan pesawat militer.

"Kunjungan delegasi Kongres ke Taiwan cukup rutin," kata Kirby.

"Perjalanan itu sesuai dengan kewajiban kami di bawah Undang-Undang Hubungan Taiwan, yang telah didukung oleh banyak pemerintahan, baik Demokrat maupun Republik, yang memperkuat persyaratan kami untuk membantu Taiwan dengan kebutuhan pertahanan diri," ia menambahkan.

AS juga mempertahankan hubungan militer dengan pulau itu. Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan total 618 personel AS mengunjungi Taiwan dalam program pertukaran militer antara September 2019 dan Agustus 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)