Italia Gelar Persidangan Kelompok Mafia Ndrangheta, Ratusan Orang Jadi Tersangka

Minggu, 07 November 2021 - 22:39 WIB
loading...
Italia Gelar Persidangan Kelompok Mafia Ndrangheta, Ratusan Orang Jadi Tersangka
Jaksa anti-mafia Italia Nicola Gratteri. Foto/BBC
A A A
ROMA - Pengadilan Italia mulai menggelar persidangan terhadap kelompok mafia Ndrangheta. Sebanyak 70 anggota kelompok mafia itu telah dihukum dalam tahap pertama persidangan sindikat mafia terbesar dalam beberapa dasawarsa.

Para terdakwa menghadapi dakwaan termasuk percobaan pembunuhan dan pemerasan.

Selama dua tahun ke depan, 355 tersangka mafia dan pejabat korup akan menghadapi pengadilan atas keterlibatan mereka dengan kelompok kejahatan terorganisir terkaya dan terkuat di Italia.

Ratusan pengacara dan hampir seribu saksi terlibat.

Dikutip dari BBC, Minggu (7/11/2021), "persidangan maxi" hari Sabtu berlangsung di tertutup di ruang sidang yang diubah secara khusus di kota Lamezia Terme, Calabria.



Terdakwa telah memilih untuk pengadilan cepat yang memungkinkan mereka memiliki hukuman yang dikurangi sepertiga jika terbukti bersalah. Hakim menjatuhkan enam dari mereka yang dihukum dengan hukuman maksimum 20 tahun yang diminta jaksa. Sedangkan 21 terdakwa lainnya dibebaskan.

Ndrangheta adalah jaringan kriminal luas yang terdiri dari sekitar 150 keluarga. Uji coba ini hanya menargetkan salah satu dari mereka: Keluarga Mancuso.

Lembar dakwaan yang panjang mencakup serangkaian dakwaan narkoba, pembunuhan, percobaan pembunuhan, pemerasan, rentenir, pengungkapan rahasia resmi dan penyalahgunaan jabatan.

Sosok yang diduga keras sebagai bos mafia, Luigi Mancuso (67), yang menggunakan julukan "Paman", dan mantan senator Giancarlo Pittelli (68) yang menurut jaksa penuntut sebagai pemecah masalah "kerah putihnya," akan menghadapi persidangan pengadilan yang lebih lama di kemudian hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2134 seconds (0.1#10.140)