Angkatan Laut AS Luncurkan Kapal yang Dinamai Pemimpin Hak-hak Gay

Minggu, 07 November 2021 - 17:19 WIB
loading...
Angkatan Laut AS Luncurkan...
Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan sebuah kapal yang dinamai seorang aktivis hak-hak gay yang dipaksa mengundurkan diri dari kedinasan, Harvey Milk. Foto/Stripes
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan sebuah kapal yang dinamai seorang aktivis hak-hak gay yang dipaksa mengundurkan diri dari kedinasan karena orientasi seksualnya pada 1950-an.

USNS Harvey Milk diluncurkan di San Diego pada hari Sabtu dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh Sekretaris Angkatan Laut AS Carlos Del Toro dan keponakan Milk, Stuart.

Berbicara pada upacara tersebut, Del Toro mengatakan bahwa Milk telah dipaksa untuk menutupi bagian yang sangat penting dari hidupnya selama waktunya di Angkatan Laut adalah kesalahan.

"Sudah terlalu lama, pelaut seperti Letnan Milk dipaksa masuk ke dalam bayang-bayang atau, lebih buruk lagi, dipaksa keluar dari Angkatan Laut kita tercinta," kata Del Toro.



"Ketidakadilan itu adalah bagian dari sejarah Angkatan Laut kita, tetapi juga ketekunan semua orang yang terus mengabdi dalam menghadapi ketidakadilan," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Minggu (7/11/2021).

Ini adalah salah satu dari enam kapal baru yang diberi nama pemimpin hak-hak sipil AS yang terkenal.

Kapal lainnya termasuk mantan Hakim Agung Earl Warren dan calon presiden yang terbunuh Robert Kennedy.

Milk bertugas sebagai perwira penyelam dan Letnan di kapal penyelamat kapal selam USS Kittiwake selama Perang Korea. Tapi dia dipaksa keluar dari kedinasan setelah diinterogasi selama dua minggu tentang orientasi seksualnya pada tahun 1955.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)