Media China: Taiwan dan AS Tidak Mengubah Arah, Perang Akan Pecah

Minggu, 07 November 2021 - 14:32 WIB
loading...
Media China: Taiwan dan AS Tidak Mengubah Arah, Perang Akan Pecah
Media China memperingatkan pertarungan militer akan terjadi jika AS dan Taiwan tidak mengubah arah. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Media pemerintah China memperingatkan ketika ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China mengenai masa depan Taiwan terus berlanjut "pertarungan militer akan terjadi." Mereka pun menggambarkan skenario yang mungkin terjadi sebagai "perjuangan hidup dan mati" antara negara-negara.

The Global Times, yang diterbitkan oleh Partai Komunis China yang berkuasa, menerbitkan artikel opini pada hari Jumat setelah pejabat militer AS semakin memperingatkan tentang ancaman China terhadap otonomi Taiwan. Editorial tersebut menyoroti pernyataan dari Sekretaris Angkatan Laut AS Carlos Del Toro, yang pekan lalu menyatakan keprihatinannya tentang "ekspansi cepat" angkatan laut China.



Taiwan, sebuah negara kepulauan, diklaim oleh China di bawah prinsip konstitusional "satu negara, dua sistem". Namun, negara Asia Timur yang dikelola secara demokratis itu telah beroperasi secara otonomi dan dukungan AS selama beberapa dekade. Dalam beberapa tahun terakhir, para analis semakin memperingatkan bahwa Beijing dapat bergerak secara militer untuk mengambil alih pulau itu dengan paksa.

“Kita perlu membuat AS sadar bahwa tidak peduli ancaman apa yang ditimbulkannya atau kekuatan yang digunakannya, reunifikasi China pada akhirnya akan terjadi. Menetapkan batu sandungan untuk reunifikasi melintasi Selat akan berarti konfrontasi mendasar,” editorial The Global Times memperingatkan seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (7/11/2021).

Meskipun publikasi tersebut mengatakan bahwa China tidak tertarik pada perlombaan senjata dengan AS, media tersebut menegaskan bahwa Beijing lebih dari mampu untuk melawan negara saingannya itu.

“Kemampuan China untuk mengalahkan intervensi militer AS di kawasan ini cukup dijamin oleh kemauan dan sumber daya strategisnya,” bunyi editorial itu.



"Setiap langkah untuk memblokir reunifikasi China ditakdirkan untuk menghasilkan perjuangan hidup dan mati, yang harus diperjuangkan AS sambil mengorbankan nyawa orang Amerika," tabloid China itu memperingatkan.

"Perjuangan itu jelas bukan sesuatu yang bisa diselesaikan dengan mengucurkan lebih banyak uang atau menjatuhkan sanksi," sambung tulisan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)