Pentagon: China Punya Angkatan Laut Terbesar di Dunia dengan 355 Kapal

Jum'at, 05 November 2021 - 13:10 WIB
loading...
Pentagon: China Punya Angkatan Laut Terbesar di Dunia dengan 355 Kapal
Armada Angkatan Laut China. FOTO/USNI News
A A A
WASHINGTON - China memiliki kekuatan maritim terbesar di dunia dengan inventaris sekitar 355 kapal. Demikian terungkap dalam laporan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) tentang kekuatan militer China yang dirilis Rabu. Pentagon memprediksi, jumlah itu akan terus meningkat.

Menurut laporan Pentagon, dengan 355 kapal dalam armadanya, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) dijadwalkan untuk memperluas inventarisnya menjadi 420 kapal dalam empat tahun ke depan. Laporan Pentagon itu juga menyebutkan, pada tahun 2030, PLAN diharapkan memiliki 460 kapal.



“Estimasi 355 menyumbang kapal permukaan utama, kapal selam, kapal induk, kapal amfibi laut, kapal perang ranjau, dan armada tambahan," menurut laporan itu, yang mencakup peristiwa pada tahun 2020, seperti dikutip dari USNI News, Kamis (4/11/2021).

“Angka ini tidak termasuk 85 kombatan patroli dan kapal yang membawa rudal jelajah anti-kapal (ASCM). Sebagian besar pertumbuhan ini akan terjadi pada kombatan permukaan utama,” tulis laporan itu.

Laporan tersebut, yang diamanatkan oleh Kongres setiap tahun, menggambarkan Angkatan Laut China memiliki ambisi yang semakin besar untuk beroperasi dengan platform yang lebih serbaguna di luar kawasan Indo-Pasifik.



“Menuju tujuan China untuk membangun 'kekuatan Angkatan Laut yang kuat dan modern', PLAN adalah kekuatan yang semakin modern dan fleksibel, yang berfokus pada penggantian platform generasi sebelumnya yang memiliki kemampuan terbatas demi kombatan multi-peran yang lebih besar dan modern,” lanjut laporan tersebut.

“Pada 2020, PLAN sebagian besar terdiri dari platform multi-peran modern yang menampilkan senjata dan sensor anti-kapal, anti-udara, dan anti-kapal selam canggih. PLAN juga menekankan operasi bersama maritim dan integrasi bersama di dalam PLA. Modernisasi ini sejalan dengan meningkatnya penekanan RRT pada domain maritim dan meningkatnya tuntutan agar PLAN beroperasi pada jarak yang lebih jauh dari Tiongkok,” tambahnya.

Rilis laporan Pentagon pekan ini datang di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan Taiwan. Bulan lalu, China menerbangkan puluhan pesawatnya di wilayah udara internasional dekat Taiwan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)