Pengamat: Aksi Bakar Diri Putra Pahlawan Perang Ungkap Parahnya Tingkat Kemiskinan di Iran

Minggu, 07 November 2021 - 14:00 WIB
loading...
A A A


Aksi bunuh diri Paraazideh adalah salah satu dari beberapa dalam beberapa tahun terakhir yang tampaknya didorong oleh kesulitan ekonomi. Bakar diri menewaskan sedikitnya dua veteran lainnya dan melukai istri seorang veteran cacat di luar cabang yayasan di Teheran, Kermanshah dan Qom dalam beberapa tahun terakhir.

Ketika pandemi virus corona mendatangkan malapetaka ekonomi, bunuh diri di Iran meningkat lebih dari 4%, menurut sebuah studi pemerintah yang dikutip oleh harian reformis Etemad. Bagi banyak orang di Timur Tengah, tindakan bakar diri menggambarkan kesengsaraan ekonomi dan kurangnya kesempatan.

“Saya tidak tahu kemana tujuan kami karena kemiskinan,” kata Reza Hashemi, seorang guru sastra di sebuah sekolah menengah di Teheran. Sekitar 1 juta orang Iran telah kehilangan pekerjaan mereka, dan pengangguran telah meningkat lebih dari 10% — tingkat yang hampir dua kali lebih besar di kalangan kaum muda.



“Tidak mungkin menyembunyikan ketidakpuasan orang terhadap ekonomi,” kata Mohammad Qassim Osmani, seorang pejabat di Audit Organization Services, pengawas pemerintah. “Struktur negara ini rusak dan sakit. Kita membutuhkan revolusi ekonomi.”

Mata uang Iran, rial, telah menyusut hingga kurang dari 50% nilainya sejak 2018. Upah belum juga naik. “Sekitar 40 juta orang di negara ini membutuhkan bantuan segera dan instan,” kata anggota parlemen Hamid Reza Hajbabaei, kepala Komite Anggaran Parlemen.

Kemiskinan yang semakin dalam melampaui angka-angka, menjadi bagian nyata dari kehidupan sehari-hari. Di jalan-jalan Teheran, lebih banyak orang terlihat mencari di antara sampah untuk sesuatu yang bisa dijual. Anak-anak menjual pernak-pernik dan tisu. Pengemis memohon perubahan di sebagian besar persimpangan — pemandangan langka satu dekade lalu.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)