Pengamat: Aksi Bakar Diri Putra Pahlawan Perang Ungkap Parahnya Tingkat Kemiskinan di Iran

Minggu, 07 November 2021 - 14:00 WIB
loading...
Pengamat: Aksi Bakar Diri Putra Pahlawan Perang Ungkap Parahnya Tingkat Kemiskinan di Iran
Warga miskin Iran mengais tempat sampah. FOTO/en.radiofarda
A A A
TEHERAN - Ruhollah Parazideh, seorang pria kurus berusia 38 tahun dengan kumis tebal dan rambut beruban, sangat membutuhkan pekerjaan. Ayah tiga anak yang tinggal di Iran selatan itu berjalan ke kantor lokal sebuah yayasan yang membantu veteran perang dan keluarga mereka. Ia memohon bantuan di tempat itu.

Seperti dilaporkan AP, Paraazideh sempat mengatakan kepada para pejabat, bahwa dia akan menjatuhkan diri dari atap rumah jika mereka tidak bisa membantunya. Mereka mencoba berunding dengannya, menjanjikan sedikit pinjaman, tetapi dia pergi dengan tidak puas.



Lalu, Paraazideh segera kembali ke gerbang gedung, menuangkan bensin ke dirinya sendiri, dan meletakkan korek api di lehernya. Dia meninggal karena luka bakarnya dua hari kemudian, pada 21 Oktober.

Bunuh diri Paraazideh di kota Yasuj mengejutkan banyak orang di Iran. Bukan hanya karena dia adalah putra Golmohammad Parazideh, seorang pahlawan provinsi terkemuka dari perang negara itu tahun 1980-88 dengan Irak yang menewaskan ratusan ribu orang. Kematian Paraazideh juga menyoroti kemarahan dan frustrasi publik yang meningkat ketika ekonomi Iran tenggelam, pengangguran melonjak, dan harga makanan meroket.

Kematian Paraazideh terjadi di luar kantor lokal Foundation for Martyrs and War-Disabled People. Itu adalah sebuah badan pemerintah yang kaya dan berkuasa, yang membantu keluarga mereka yang terbunuh dan terluka dalam Revolusi Islam Iran 1979 dan perang-perang berikutnya.



“Saya terkejut ketika mendengar berita itu,” kata Mina Ahmadi, seorang mahasiswa di Universitas Beheshti di utara Teheran. “Saya pikir keluarga korban (perang) menikmati dukungan yang murah hati dari pemerintah,” lanjutnya.

Iran menghargai pahlawan perangnya yang tewas saat konflik dengan Irak, yang dikenal di Teheran sebagai "Pertahanan Suci". Dan, yayasan memainkan peran besar dalam hal itu. Setelah revolusi, yayasan tersebut mulai menyediakan pensiun, pinjaman, perumahan, pendidikan, dan bahkan beberapa pekerjaan pemerintah tingkat tinggi.

Menyusul bunuh diri Paraazideh, yayasan tersebut memecat dua pejabat tinggi provinsi. Dampaknya mencapai tingkat tertinggi pemerintahan. Ayatollah Sharfeddin Malakhosseini, seorang penasihat Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, menyebut kasus ini sebagai peringatan bahwa para pejabat harus “menyingkirkan pengangguran, kemiskinan, dan gangguan ikatan sosial.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)