Ini 4 Senjata yang Pernah Dipakai untuk Membunuh Presiden Amerika Serikat

Jum'at, 05 November 2021 - 08:40 WIB
loading...
A A A
Ini 4 Senjata yang Pernah Dipakai untuk Membunuh Presiden Amerika Serikat

Presiden AS berikutnya yang menjadi korban pembunuhan adalah James Abram Garfield. Ia dilantik sebagai presiden pada 4 Maret 1881. Hanya empat bulan Garfield menduduki kursi Presiden AS. Pada 2 Juli 1881, Garfield ditembak oleh Charles J. Guiteau di stasiun Baltimore & Potomac, Washington DC.

Guiteau dua kali melepaskan tembakan. Tembakan pertama mengenai lengan kanan, dan tembakan kedua mengenai punggung Garfield. Setelah 11 minggu dalam perawatan, Garfield akhirnya menghembuskan napas terakhir karena komplikasi dan infeksi.

Guiteau menembak Garfield dengan menggunakan Pistol saku British Bulldog yang sangat populer kala itu. Pistol British Bulldog yang digunakan untuk menembak Garfield berkaliber 44. Pistol buatan Belgia itu dibeli Guiteau seharga USD10. Pistol itu tidak akurat pada jarak lebih dari 60 kaki, karena hanya memiliki pandangan depan. Guiteau berhasil berada dalam jarak 20 kaki dari presiden, sebelum menembaknya.

Pistol Revolver Kaliber 32

Ini 4 Senjata yang Pernah Dipakai untuk Membunuh Presiden Amerika Serikat

Memasuki abad ke-19, tragedi pembunuhan kembali menimpa Presiden AS. Kali ini yang menjadi korban adalah Presiden AS ke-25, William McKinley, Jr. Pada 6 September 1901, ketika tengah menghadiri Pameran Pan-American di Buffalo, New York, McKinley ditembak oleh seorang anarkis bernama Leon Czolgosz Frank.

McKinley mengalami dua luka tembakan. Ia tak langsung meninggal seketika. Delapan hari setelah insiden penembakan itu, McKinley akhirnya menghembuskan napas terakhir. Czolgosz menembak McKinley dengan menggunakan pistol Revolver caliber 32. Pistol itu dibelinya tiga hari sebelum pembunuhan dari Walbridge's Hardware Store di Buffalo, diduga seharga USD4,50.

Pistol itu disembunyikan Czolgosz di bawah saputangan saat menembak McKinley dari jarak dekat. Czolgsz menawarkan tangan kirinya kepada Presiden dan saat Mckinley hendak menjabatnya, dia menembak Presiden dua kali dengan pistol di tangan kanannya. McKinley tertembak dua peluru caliber 32 di bagian perut.



Senapan Carano

Ini 4 Senjata yang Pernah Dipakai untuk Membunuh Presiden Amerika Serikat

Penembakan yang menimpa John F. Kennedy menjadi salah satu tragedi pembunuhan yang paling diingat sepanjang sejarah. Insiden penembakan Kennedy terjadi di Dallas, Texas, pada 22 November 1963. Ketika tengah berada dalam konvoi kendaraan terbuka, sebuah peluru yang ditembakan dari jarak jauh mengenai bagian tenggorokan, punggung atas, dan kepalanya. Kennedy pun tewas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0864 seconds (0.1#10.140)