Dianggap Mirip Nama Putri Nabi Muhammad SAW, Wiski Timah Picu Kontroversi di Malaysia

Jum'at, 05 November 2021 - 07:20 WIB
loading...
Dianggap Mirip Nama Putri Nabi Muhammad SAW, Wiski Timah Picu Kontroversi di Malaysia
Wiski Timah. FOTO/Malay Mail
A A A
KUALA LUMPUR - Sebagai sebuah negara dengan populasi mayoritas Muslim, minuman keras menjadi hal yang sensitif di Malaysia . Meski tak melarang peredaran minuman beralkohol , namun hal-hal yang terkait dengannya kerap memicu reaksi di tengah-tengah masyarakat Malaysia.

Seperti yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini, publik Negeri Jiran tengah dihebohkan dengan munculnya Wiski Timah. Minuman keras jenis wiski produksi Winepak Corporation ini, merek dan logonya dianggap menyinggung umat Muslim. Wiski Timah pun menjadi bahan perdebatan di seantero Malaysia, mulai dari kedai kopi hingga gedung parlemen.



Saking kuatnya isu soal Wiski Timah, isu-isu lain di Malaysia seolah menjadi tenggelam. "Selama dua pekan terakhir, kami hanya mendengar seruan perubahan nama Timah," kata anggota Parleman Malaysia dari wilayah Muar, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman saat debat RUU Pasokan 2022 di DPR Malaysia, Senin (1/11/2021).

Menurutnya, ada isu-isu mendesak lainnya yang perlu diperdebatkan di DPR, tetapi tertutup oleh tanggapan para menteri dan anggota parlemen terhadap masalah Wiski Timah. Aggota Parlemen Malaysia lainnya, Khalid Samad berharap pemerintah bisa mendidik masyarakat untuk lebih dewasa dalam membahas masalah secara tenang dan bertanggung jawab.

“Sayangnya, di negara kita ini banyak yang suka mempolitisasi isu-isu yang memang tidak sensitif, tapi sengaja dibuat-buat,” kata Samad yang berasal dari wilayah Shah Alam, seperti dikutip dari The Star.



Sejak kemunculannya pada 7 Oktober, Wiski Timah memang langsung memantik reaksi masyarakat Muslim Malaysia. Sejumlah pemuka agama di Malaysia meminta Pemerintah Federal Malaysia memerintahkan produsen Wiski Timah untuk mengubah merek jual dan gambar di label produk mereka.

“Kami tidak keberatan alkohol dikonsumsi oleh non-Muslim. Tetapi, kami meminta pemerintah memerintahkan produsen untuk segera mengubah merek serta gambar pada botol menjadi nama dan gambar yang tidak memicu kepekaan orang Muslim di negara ini," kata Mufti Penang, Datuk Seri Wan Salim Wan Noor.

Wan Salim mengklaim bahwa nama "Timah" berasal dari "Fatimah", yang juga merupakan nama putri Nabi Muhammad SAW, yang dijunjung tinggi oleh umat Islam. "Yang lebih parah adalah ketika gambar di botol itu tampak seperti gambar seorang pria religius dengan janggut dan kopiah!” tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)