Terungkap, Trump Ingin Kirim Pasukan AS ke Meksiko untuk Buru Kartel Narkoba

Kamis, 21 Oktober 2021 - 01:12 WIB
loading...
A A A
Seperti yang dilaporkan The New York Times, AS dan Meksiko memiliki sejarah kerja sama dalam memerangi kartel, seringkali melalui operasi penegakan hukum bersama. Namun apa yang diusulkan Trump lebih mirip operasi militer AS melawan teroris di berbagai negara di dunia, seperti serangan AS ke Pakistan untuk menangkap Osama bin Laden.

Pembantu senior Trump dilaporkan menyarankan bahwa setiap penggunaan kekuatan sepihak tanpa izin dari pemerintah Meksiko dapat dianggap oleh negara lain sebagai tindakan perang, invasi AS terhadap sekutu dekat dan mitra dagang utama. Nasihat mereka membuat Trump terdiam, dan rencana itu tidak pernah terwujud.

"Ketertarikan Trump untuk mengirim pasukan AS ke Meksiko muncul pada saat yang sama ketika arsitek rencana imigrasi pemerintah, Stephen Miller, mendorong Departemen Keamanan Dalam Negeri untuk mengirim seperempat juta tentara ke perbatasan selatan," The New York Times melaporkan.

Menteri pertahanan Trump, Mark Esper, menutup semua pertimbangan rencana pengerahan 250.000 tentara ke perbatasan, yang tidak pernah secara resmi diajukan kepada Trump untuk disetujui tetapi dibahas dalam pertemuan imigrasi Gedung Putih, setelah konfrontasi singkat dengan Miller.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)