Bertemu Menlu Malaysia, Retno Bahas Batas Negara hingga Krisis Myanmar

Senin, 18 Oktober 2021 - 13:31 WIB
loading...
A A A


Menurutnya, pemerintah Indonesia telah mendistribusikan lebih dari 687.496 paket baik berupa sembako maupun bantuan lainnya kepada WNI di Malaysia. Distribusi bantuan itu terlaksana berkat kerjasama dengan masyarakat Indonesia di Malaysia dan dengan difasilitasi otoritas Malaysia.

Isu keempat yang dibahas kedua Menlu adalah tentang penyelesaian batas maritim kedua negara.

"Kita menyambut baik bahwa tim teknis kedua negara saat ini pada tahap akhir untuk dapat menyelesaikan batas maritim untuk laut teritorial di segmen Selat Malaka bagian selatan dan Laut Sulawesi," kata Retno.

"Kami sepakat agar isu yang masih belum selesai agar dapat diselesaikan."

Isu kelima dan terakhir yang dibahas dalam pertemuan kedua Menlui hari ini adalah perkembangan isu kawasan. Beberapa masalah yang dibahas antara lain krisis Myanmar, Afghanistan, krisis Rohingya serta masalah perlombaan senjata yang mengkhawatirkan di kawasan Indo-Pasifik.

"Terkait dengan dinamika kawasan di Indo-Pasifik, khususnya meningkatnya rivalitas kekuatan besar di kawasan, kita berdua sepakat bahwa upaya menjaga kawasan yang damai dan stabil harus terus dilakukan," kata Retno.

"Kami berdua tidak menghendaki dinamika saat ini mengakibatkan tensi arms race dan juga power projection," ujar Retno.

"Situasi ini tentu tidak akan menguntungkan siapa pun."

Retno tidak menyebut negara mana pun dalam masalah tersebut. Namun, tak bisa dimungkiri beberapa negara seperti China, Amerika Serikat (AS), Rusia, Korea Selatan dan Korea Utara gencar mengembangkan dan menguji coba rudal-rudal canggih mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)