Terbongkar! Trump Lengser, Souvenir untuk Tamu Negara Banyak yang Hilang

Rabu, 13 Oktober 2021 - 17:55 WIB
loading...
A A A
"Saya tidak tahu bagaimana Departemen Luar Negeri kehilangan hal ini - meskipun saya melihat ketidakmampuan yang sangat besar di Departemen Luar Negeri selama waktu saya di sana," imbuhnya.



Kantor inspektur jenderal Deplu AS menolak berkomentar. Kantor Trump juga tidak segera menanggapi permintaan komentar dari NBC News. Seorang juru bicara Trump tidak membalas beberapa pesan dari The New York Times yang meminta tanggapan, kata surat kabar itu.

Seorang pejabat negara mengatakan departemen itu menganggap serius perannya dalam melaporkan disposisi hadiah tertentu yang diterima oleh pegawai pemerintah AS. Hadiah ini adalah milik rakyat Amerika dan harus dipertanggungjawabkan secara akurat.

Pejabat itu mengatakan departemen sedang mencari keberadaan hadiah yang tidak diketahui dan keadaan yang menyebabkan hilangnya hadiah-hadiah itu.

Sekedar informasi kantor protokol Deplu AS diharuskan mencatat hadiah yang diberikan kepada pejabat AS dan melacak disposisi mereka. Penerima memiliki pilihan untuk menyerahkan hadiah dengan nilai tertentu ke Arsip Nasional atau entitas pemerintah lain atau membelinya untuk penggunaan pribadi dengan membayar kembali nilainya kepada Departemen Keuangan.

Trump sendiri, kata Departemen Luar Negeri, menerima sejumlah hadiah mahal selama menjabat termasuk pistol 9 mm dari Republik Ceko dan bangku kayu yang diukir menyerupai jaguar dari Brasil. Kesemuanya dikirim ke Arsip Nasional.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)