Front Ketiga Perang Dingin Baru Sedang Berkembang di Asia-Pasifik

Minggu, 10 Oktober 2021 - 02:00 WIB
loading...
Front Ketiga Perang Dingin Baru Sedang Berkembang di Asia-Pasifik
Ilustrasi
A A A
ANKARA - Front ketiga Perang Dingin baru tengah berkembang di Asia Pasifik saat ini. Pandangan ini dikemukakan Nursin Atesoglu Guney, seorang pakar hubungan internasional dari Nisantasi University, Turki. Menurut Guney, pemicu dari kondisi ini adalah pakta pertahanan baru antara Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Australia yang dikenal dengan nama AUKUS .

Menurutnya, tidak sulit untuk mengenali siapa target utama dari Pakta AUKUS dan oleh karena itu reaksi paling kuat datang dari China. Namun, segera setelah ketiga negara menandatangani pakta tersebut, AUKUS menyatakan bahwa pihaknya tidak menargetkan satu negara dan tujuannya adalah untuk mencegah kemungkinan konflik regional.



Menurut Guney, pernyataan-pernyataan ini bagaimanapun tidak cukup untuk menenangkan kepemimpinan Beijing. Sebab, sudah jelas jenis krisis apa yang dapat dihindari dengan menggunakan kapal selam nuklir.

“Untuk alasan ini, China mengklaim bahwa keputusan AS untuk berbagi teknologi kapal selam nuklirnya dengan dua mitranya dengan tujuan menargetkan kawasan Asia-Pasifik akan mengganggu keseimbangan regional, memicu perlombaan senjata baru dan juga bahwa inisiatif AUKUS baru dari tiga negara akan memperkenalkan kembali mentalitas Perang Dingin ke wilayah tersebut,” ujarnya, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Jumat (8/10).

Perang Dingin Baru mengacu pada persaingan antara AS, Rusia, dan Cina untuk membatasi kebebasan bergerak pesaing mereka di area tertentu. Menurutnya, ada perlombaan persenjataan di tingkat regional di front yang sebelumnya dibuka dari Perang Dingin Baru, terutama wilayah Mediterania dan Laut Hitam-Kaukasus.



“Janganlah kita lupa bahwa upaya-upaya sedang dilakukan untuk memperluas front ketiga, yang membentang dari Afghanistan ke Laut China Timur dan Selatan, wilayah yang sudah sangat termiliterisasi,” lanjutnya.

Ketika AS menarik diri dari Afghanistan, paparnya, AS ingin Beijing dan Moskow menanggung beban penuh dari konsekuensi terlibat atau tidak terlibat dengan Taliban, teror dan pembagian wilayah, dan wilayah yang berada di bawah pengaruh kekuatan tertentu.

“Dengan AUKUS, sekarang lebih mahal bagi China untuk meningkatkan kemampuan penolakan nuklir dan anti-akses/areanya di kawasan Asia-Pasifik,” jelasnya.



Dirinya lalu mengatakan, dari waktu ke waktu, sekutu dan mitra AS di Asia-Pasifik memiliki pemikiran kedua tentang pencegahan diperpanjang AS, dan keberatan ini mungkin tidak selalu terkait dengan China.

Belum lama ini, serangan konvensional Korea Utara ke Korea Selatan, misalnya, mendorong semua sekutu untuk mempertimbangkan kembali keuntungan dan kerugian aliansi mereka dengan AS. “Akibatnya, Washington melakukan upaya untuk meredakan kekhawatiran sekutunya dengan memberlakukan sejumlah tindakan tambahan,” ungkapnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)