Dianggap Pelecehan Seksual, Negara Bagian AS Ini Larang Melepas Kondom Saat Ngeseks

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 18:58 WIB
loading...
Dianggap Pelecehan Seksual, Negara Bagian AS Ini Larang Melepas Kondom Saat Ngeseks
California melarang melepas kondom di tengah melakukan hubungan seks. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Gubernur California Gavin Newsom menandatangani undang-undang yang melarang melepaskan kondom di tengah hubungan seks . Ini menjadikan California negara bagian Amerika Serikat (AS) pertama yang melarang praktek yang disebut stealthing.

Undang-undang baru itu menambahkan tindakan tersebut ke dalam definisi sipil negara bagian tentang baterai seksual, mengubah kode sipil negara bagian. Akibatnya, korban memiliki hak untuk menuntut pelaku atas kerugian, termasuk menjatuhkan hukuman. Undang-undang itu membuat melepas kondom tanpa persetujuan lisan seseorang menjadi ilegal seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (9/10/2021).

Penulis utama studi asli tentang masalah ini, pengacara hak-hak sipil Alexandra Brodsky, memberi selamat kepada penulis undang-undang tersebut, Anggota Majelis negara bagian Demokrat Cristina Garcia, yang telah berusaha membuat "stealthing" kejahatan sejak penelitian tahun 2017.



Pada tahun 2017, penelitian dari Universitas Yale menemukan bahwa apa yang disebut stealthing - melepas kondom di tengah hubungan seksual - di antara heteroseksual dan gay sedang meningkat, sehingga meningkatkan risiko kehamilan yang tidak diinginkan dan penyakit menular seksual (PMS). Studi tersebut berpendapat bahwa undang-undang yang ada tidak memiliki mekanisme untuk menetapkan akuntabilitas atas tindakan tersebut.

Menurut AP, stealthing mungkin sudah dianggap sebagai pelecehan seksual, meskipun jarang dituntut karena sulitnya membuktikan bahwa pelaku berperilaku sengaja daripada tidak sengaja.

Sebelumnya, kelompok advokasi hak Proyek Penelitian Pendidikan Hukum Penyedia Layanan Erotis secara terbuka mendukung RUU tersebut, mengklaim bahwa RUU itu akan memberdayakan pekerja seks untuk menuntut klien yang melepas kondom.



Selain itu, gubernur California menandatangani RUU Garcia kedua, yang memperlakukan pemerkosaan terhadap pasangan sama dengan pemerkosaan terhadap non-pasangan, menghilangkan pengecualian undang-undang pemerkosaan bagi korban yang menikah dengan pelaku.

California adalah salah satu dari hanya 11 negara bagian yang membuat perbedaan antara pemerkosaan pasangan dan jenis kekerasan seksual lainnya. Hukuman maksimumnya sama, tetapi mereka yang dihukum karena pemerkosaan pasangan sekarang mungkin memenuhi syarat untuk masa percobaan daripada penjara atau penahanan. Dan di bawah undang-undang yang ada, pasangan harus mendaftar sebagai pelanggar seks jika mereka dijatuhi hukuman penjara negara hanya jika perilaku mereka memerlukan penggunaan kekerasan atau kekerasan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)