Menjijikkan, 345.000 Kondom Bekas Didaur Ulang dan Hendak Dijual Lagi

loading...
Menjijikkan, 345.000 Kondom Bekas Didaur Ulang dan Hendak Dijual Lagi
Kondom-kondom bekas di Vietnam didaur ulang dan hendak dijual kembali. Foto/REUTERS/Reuters TV/VTV
A+ A-
HANOI - Polisi di Vietnam telah menyita sekitar 345.000 kondom bekas yang telah dibersihkan dan siap dijual kembali dengan klaim sebagai kondom baru.

Rekaman video yang disiarkan oleh Vietnam TV (VTV) milik pemerintah minggu ini menunjukkan puluhan tas besar berisi alat kontrasepsi bekas tersebar di lantai sebuah gudang di provinsi selatan Binh Duong. (Baca: Para Pembangkang Arab Saudi Dirikan Partai Oposisi Melawan Raja Salman)

Polisi mengatakan tas-tas besar itu memiliki berat lebih dari 360 kilogram (794 lbs), setara dengan 345.000 kondom.

"Pemilik gudang mengatakan mereka telah menerima masukan bulanan untuk kondom bekas dari orang yang tidak dikenal," tulis surat kabar pemerintah, Tuoi Tre, yang dikutip Reuters, Jumat (25/9/2020).



Seorang wanita yang ditahan selama penggerebekan gudang tersebut mengatakan kepada polisi bahwa prophylactics bekas pertama kali direbus dalam air kemudian dikeringkan dan dibentuk kembali pada lingga kayu sebelum dikemas ulang dan dijual kembali. (Baca: Taiwan Perlihatkan Rudal Jelajah '10.000 Pedang' yang Mampu Hantam China)

VTV, dalam laporan beritanya, mengatakan tidak jelas berapa banyak kondom daur ulang yang telah terjual. Wanita yang ditahan tersebut mengatakan dia telah menerima USD0,17 untuk setiap kilogram kondom daur ulang yang dia produksi.

Baik dia maupun pemilik gudang tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentar.
(min)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top