Warga Rusia Berbondong-bondong ke Serbia untuk Dapatkan Vaksin COVID-19

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 15:10 WIB
loading...
A A A
Serbia, sesama Kristen Ortodoks dan bangsa Slavia, menawarkan vaksin Pfizer, AstraZeneca dan Sinopharm China. Dengan permintaan yang populer, agen wisata Rusia sekarang juga menawarkan tur ke Kroasia, di mana wisatawan dapat menerima vaksin Johnson & Johnson sekali pakai, tanpa perlu kembali untuk dosis kedua.

"Untuk Serbia, permintaan telah tumbuh seperti longsoran salju. Seolah-olah semua yang dilakukan perusahaan kami akhir-akhir ini adalah menjual tur ke Serbia," kata Filatovskaya.



Negara Balkan memperkenalkan vaksinasi untuk orang asing pada bulan Agustus, ketika dorongan vaksinasi di dalam negeri melambat setelah mencapai sekitar 50% dari populasi orang dewasa. Data resmi pemerintah Serbia menunjukkan bahwa hampir 160.000 warga asing sejauh ini telah divaksinasi di negara itu, tetapi tidak jelas berapa banyak warga Rusia.

Di Rusia, tingkat vaksinasi negara itu rendah. Pada minggu ini, hampir 33% dari 146 juta warga Rusia telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin virus Corona, dan 29% telah divaksinasi sepenuhnya. Selain Sputnik V dan versi satu dosis yang dikenal sebagai Sputnik Light, Rusia juga menggunakan dua vaksin lain yang dirancang di dalam negeri yang belum disetujui secara internasional.

Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko baru-baru ini mengatakan masalah administrasi adalah salah satu hambatan utama dalam proses peninjauan WHO.

Judy Twigg, seorang profesor ilmu politik yang mengkhususkan diri dalam kesehatan global di Virginia Commonwealth University, mengharapkan Sputnik V akan disetujui pada akhirnya tetapi tidak tahun ini.

“WHO telah mengatakan bahwa mereka membutuhkan lebih banyak data, dan perlu kembali dan memeriksa beberapa jalur produksi di mana ia melihat masalah sejak dini. Inspeksi ulang itu adalah proses multiminggu, dengan alasan yang bagus. Itu bukan sesuatu yang mereka anggap enteng," tuturnya.



Di tengah tingkat vaksinasi yang rendah dan keengganan pihak berwenang untuk menerapkan kembali tindakan pembatasan, baik Rusia maupun Serbia telah melihat infeksi COVID-19 dan rawat inap mencatat rekor dalam beberapa minggu terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)