Warga Rusia Berbondong-bondong ke Serbia untuk Dapatkan Vaksin COVID-19

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 15:10 WIB
loading...
Warga Rusia Berbondong-bondong ke Serbia untuk Dapatkan Vaksin COVID-19
Warga Rusia berbondong-bondong ke Serbia untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Foto/AP
A A A
BELGRADE - Warga Rusia berbondong-bondong menyeberang ke Serbia untuk mendapatkan vaksin COVID-19 . Ini terjadi karena otoritas kesehatan internasional belum memberikan restu mereka untuk vaksin buatan Rusia, Sputnik V .

Dipuji oleh Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai vaksin COVID-19 terdaftar pertama di dunia, Sputnik V muncul pada Agustus 2020 dan telah disetujui di sekitar 70 negara, termasuk Serbia. Tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan persetujuan global masih dalam peninjauan setelah mengutip masalah di pabrik produksi beberapa bulan lalu.

Pada hari Jumat, seorang pejabat tinggi WHO mengatakan masalah hukum yang menghambat peninjauan Sputnik V akan diselesaikan, sebuah langkah yang dapat meluncurkan kembali proses menuju otorisasi penggunaan darurat.

"Rintangan lain tetap ada untuk aplikasi Rusia, termasuk kurangnya informasi ilmiah lengkap dan inspeksi situs manufaktur," kata asisten direktur jenderal WHO Dr. Mariangela Simao seperti dikutip dari AP, Sabtu (9/10/2021).

Selain dari WHO, Sputnik V juga masih menunggu persetujuan dari European Medicines Agency (EMA) atau badan obat-obatan Eropa sebelum semua pembatasan perjalanan dapat dicabut untuk orang yang divaksinasi dengan formula Rusia itu.



Penantian panjang ini telah membuat frustrasi banyak warga Rusia, jadi ketika WHO mengumumkan penundaan lagi pada bulan September, mereka mulai mencari solusi di tempat lain.

“Orang tidak mau menunggu; orang harus bisa masuk ke Eropa karena berbagai alasan pribadi,” jelas Anna Filatovskaya, juru bicara biro perjalanan Russky Express di Moskow.

“Beberapa memiliki kerabat. Ada yang punya bisnis, ada yang kuliah, ada yang bekerja. Beberapa hanya ingin pergi ke Eropa karena mereka merindukannya,” terangnya.

Serbia bukanlah negara anggota Uni Eropa dan pilihan yang nyaman bagi warga Rusia yang ingin mendapatkan vaksin. Pasalnya, mereka dapat memasuki negara Balkan yang menjadi sekutu tanpa visa dan menawarkan berbagai pilihan vaksin buatan Barat. Tur terorganisir untuk warga Rusia telah melonjak, dan mereka dapat ditemukan di Ibu Kota Beograd, di hotel, restoran, bar, dan klinik vaksinasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)