Kapal Selam Nuklir AS Tabrakan dengan Kapal Selam atau Instalasi Pengeboran Minyak?

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 07:55 WIB
loading...
A A A
Laut China Selatan adalah salah satu perairan paling sensitif di planet ini, dengan banyak negara, termasuk Republik Rakyat China, Brunei, Taiwan, Malaysia, Filipina, dan Vietnam mengeklaim bagian dari perairan tersebut.



Laut China Selatan juga merupakan arteri strategis untuk pelayaran global dan kaya akan sumber daya perikanan dan energi.

Amerika Serikat tidak memiliki klaim atas perairan tersebut, tetapi secara teratur mengirim apa yang disebut patroli "kebebasan navigasi" melaluinya, kadang-kadang atas permintaan sekutu regional, dan secara independen di waktu lain.

Beijing membenci patroli AS itu, mengingat mereka kadang-kadang tersesat ke perairan yang diklaim China. Washington sendiri tidak mengakui klaim China atas perairan tersebut.

Kapal selam tempur kelas Seawolf adalah yang paling canggih, tetapi juga kapal selam paling mahal di gudang senjata Angkatan Laut AS.

USS Connecticut adalah salah satu dari hanya tiga kapal selam kelas Seawolf yang ditugaskan, dengan 26 kapal dibatalkan pada 1990-an setelah berakhirnya Perang Dingin karena program tersebut dianggap terlalu mahal.

Kapal selam tempur super-tenang memiliki sistem propulsi nuklir, yang berarti jangkauan dan daya tahan mereka secara efektif dibatasi hanya oleh persediaan onboard dan tekad kru mereka. Persenjataan kapal selam terdiri dari torpedo Mark 48, rudal anti-kapal Harpoon dan rudal jelajah serangan darat.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)