Kapal Selam Nuklir AS Tabrakan dengan Kapal Selam atau Instalasi Pengeboran Minyak?

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 07:55 WIB
loading...
Kapal Selam Nuklir AS Tabrakan dengan Kapal Selam atau Instalasi Pengeboran Minyak?
USS Connecticut, kapal selam bertenaga nuklir AS yang terlibat tabrakan dengan objek misterius di bawah Laut China Selatan pada 2 Oktober 2021. Foto/Twitter/@USPacificFleet
A A A
WASHINGTON - Kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS), USS Connecticut, bertabrakan dengan objek misterius saat menyelam di Laut China Selatan . Pensiunan Laksamana Rusia Vladimir Valuyev menebak objek itu kemungkinan adalah kapal selam lain atau mungkin instalasi pengeboran minyak.

Insiden yang dialami kapal selam saat beroperasi di perairan internasional di Laut China Selatan pada 2 Oktober 2021. Setidaknya 11 pelaut Amerika terlua dan kapal tersebut tertatih-tatih dalam perjalanan ke Guam.



Valuyev, mantan komandan Armada Baltik Rusia, berpikir dia memiliki ide yang cukup bagus tentang apa yang disambar USS Connecticut kelas Seawolf selama patroli naasnya itu.

“Tabrakan dengan kapal selam lain mungkin terjadi, tetapi dalam kasus itu, mengingat cedera yang diderita oleh anggota awak, kedua kapal selam itu harus muncul ke permukaan untuk memeriksa kerusakannya. Namun, ini tidak terjadi. Selain itu, hampir tidak dapat dibayangkan bahwa kapal selam modern kelas Seawolf tidak akan memperhatikan pendekatan kapal selam lain," kata Valuyev kepada Sputniknews, Sabtu (9/10/2021).

Menurutnya, sistem navigasi onboard kapal selam modern membuat tabrakan dengan karang bawah laut atau formasi batuan sama tidak mungkinnya.

Valuyev percaya bahwa penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa kapal selam itu menabrak instalasi pengeboran minyak yang baru dibangun atau masih dalam pembangunan. "Informasi tentang itu belum dibawa ke perhatian komando armada Amerika," katanya.

Pada hari Kamis, kantor urusan publik Armada Pasifik AS mengumumkan bahwa kapal selam kelas Seawolf, USS Connecticut, mengalami kerusakan setelah bertabrakan dengan objek yang tidak dikenal selama manuver di Laut China Selatan pada 2 Oktober.

Menurut kantor tersebut luka yang dialami 11 pelaut tidak mengancam jiwa mereka. Sistem propulsi kapal selam tidak rusak, dan kapal selam itu tetap melaju ke pangkalan Angkatan Laut AS di Guam.

Pada briefing hari Jumat, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menyatakan keprihatinan mendalam China atas insiden tersebut, dan mendesak Amerika Serikat dan negara-negara lain yang terlibat untuk memberikan rincian yang relevan. "Termasuk lokasi yang tepat dari insiden itu, tujuan dari perjalanan ini, dan detail tentang apa yang kapal selam itu temui," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)