Mencuri dari AS, Mata-mata Yahudi Inilah yang Bantu Rusia Peroleh Bom Nuklir

Senin, 04 Oktober 2021 - 15:32 WIB
loading...
A A A
“Kita berbicara tentang periode waktu ketika George Koval berada di AS sebagai mata-mata yang dilatih militer Tentara Merah dengan izin keamanan penuh AS,” kata Hagedorn.

Menurut Hagedorn, ada beberapa alasan mengapa Koval tidak terdeteksi. Ada kebutuhan untuk keahlian ilmiahnya, katanya, dan Uni Soviet saat itu masih sekutu AS. Latar belakang Koval yang tumbuh di Midwest juga membantunya berbaur.

Koval menjadi perhatian Hagedorn pada tahun 2016, ketika dia sedang mengerjakan proyek terpisah tentang Perang Dunia I dan mewawancarai seorang pria berusia 92 tahun yang ayahnya terhubung dengan cerita tersebut.

Ternyata dia dan subjeknya sama-sama dibesarkan di Dayton, dan di akhir wawancara, dia menyebutkan bahwa Dayton pernah menjadi lokasi Manhattan Project.

“Dia mengatakan ada mata-mata Soviet yang tinggal di sana selama Perang Dunia II yang mungkin belum pernah Anda dengar,” kenang Hagedorn.

"Saya berkata, 'Menarik. Siapa namanya?’ Dia tidak tahu nama atau apa pun, [jadi] saya mengambil cuti seminggu untuk melihat apakah saya bisa menemukan nama orang ini.”

Dia menemukan namanya dan lebih banyak lagi dalam artikel New York Times berusia 10 tahun setelah kematian Koval pada tahun 2006.

“[Itu] cerita yang sangat bagus tentang mata-mata yang mereka yakini sebagai salah satu mata-mata paling penting abad ke-20, mencatat bahwa Vladimir Putin baru saja memberinya penghargaan anumerta,” katanya.

"Itu memberi namanya: George Koval."

Hagedorn memulai proyek ambisius untuk mempelajari lebih lanjut tentang Koval melalui penelitian di tempat-tempat seperti Arsip Nasional dan Pusat Sejarah Yahudi, memeriksa sumber-sumber dari kliping koran hingga buku tahunan sekolah, catatan pajak dan manifes kapal, serta ribuan halaman laporan FBI, beberapa di antaranya diperoleh setelah mengajukan permintaan Undang-Undang Kebebasan Informasi.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)