Jet Tempur Siluman F-22 AS Pilih Kabur Jika Duel Udara dengan Su-35 Rusia

Senin, 04 Oktober 2021 - 09:23 WIB
loading...
Jet Tempur Siluman F-22 AS Pilih Kabur Jika Duel Udara dengan Su-35 Rusia
Jet-jet tempur siluman F-22 Raptor Amerika Serikat. Foto/The EurAsian Times
A A A
WASHINGTON - Pilot jet tempur siluman F-22 Raptor Amerika Serikat (AS) mengatakan akan menghindari duel udara dengan jet tempur Su-35 Rusia jika keduanya bertemu.

Letnan Kolonel David Berke, satu-satunya pilot Korps Marinir AS yang menerbangkan F-22 dan F-35, mengatakan hal itu kepada Business Insider.



"Ketika menerbangkan F-22, tujuan saya bukanlah untuk bertarung dengan lawan," katanya.

Sebagai gantinya, Berke mengatakan dia akan menggunakan keuntungan fitur siluman terbesar F-22 dan menghindari duel udara dalam jangkauan visual.

Ketika F-22 Raptor AS dan Su-35 Rusia berhadapan, perbandingan tidak bisa dihindari. Mustahil untuk menyatakan satu sebagai pemenang langsung, tetapi jet tempur Rusia itu memiliki pengaruh atas pesawat siluman AS yang kuat dalam satu aspek penting.

Sukhoi Su-35 adalah pesawat tempur superioritas udara multiperan canggih yang dikembangkan dari desain flanker Su-27 yang ada.

Dinamai "Flanker-E" oleh NATO, pesawat tempur bermesin ganda berkursi tunggal ini sebenarnya dapat bermanuver super—lebih besar, lebih cepat, dan dengan kemampuan terbang yang lebih lama.

F-22 Raptor, di sisi lain, adalah salah satu pesawat tempur taktis paling canggih yang pernah dibuat dengan definisi kelincahan, jangkauan, dan stealth (siluman).

F-22 memiliki reputasi hampir tidak terdeteksi dengan kemampuan untuk mengunci target tanpa berada dalam jangkauan visual mereka karena teknologi siluman canggih yang digunakan di pesawat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)