China Bersumpah Hancurkan Taiwan, AS Siap Pasang Badan

Senin, 04 Oktober 2021 - 07:06 WIB
loading...
A A A
Manuver 77 pesawat tempur ke ADIZ Taiwan telah dicap Taipei sebagai agresi militer.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan melaporkan pada hari Jumat bahwa 38 pesawat tempur China memasuki ADIZ pulau itu pada hari Jumat, keesokan hari 39 pesawat tempur Beijing lainnya melakukan hal yang sama.

Armada tersebut termasuk 26 jet tempur J-16, 10 jet tempur Su-30, dua pesawat peringatan anti-kapal selam Y-8 dan satu pesawat peringatan dini dan kontrol udara KJ-500.



Pulau yang dikelola secara demokratis itu mengeluarkan peringatan radio ke pesawat-pesawat China dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara.

Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang mengecam manuver 77 pesawat tempur China. "China telah secara ceroboh terlibat dalam agresi militer, merusak perdamaian regional," katanya.

Baca juga: Trump Tuding Ibu PM Kanada Berhubungan Seks dengan Semua Personel Rolling Stones

Sementara itu, AS mengeluarkan pernyataan siap pasang badan untuk Taiwan.

“Amerika Serikat sangat prihatin dengan aktivitas militer provokatif Republik Rakyat China di dekat Taiwan, yang membuat tidak stabil, berisiko salah perhitungan, dan merusak perdamaian dan stabilitas regional. Kami mendesak Beijing untuk menghentikan tekanan dan paksaan militer, diplomatik, dan ekonominya terhadap Taiwan,” kata Departemen Luar Negeri AS.

“Komitmen AS untuk Taiwan sangat kuat dan berkontribusi pada pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan di dalam kawasan," lanjut departemen tersebut.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2252 seconds (11.97#12.26)