Penyembelihan Secara Halal Dilarang, Muslim Belgia Gugat Pemerintah

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 21:01 WIB
loading...
Penyembelihan Secara Halal Dilarang, Muslim Belgia Gugat Pemerintah
Pedagang memotong daging di kios daging segar. Foto/anadolu
A A A
STRASBOURG - Asosiasi Muslim akan mengajukan banding di Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) Eropa terhadap keputusan Mahkamah Konstitusi Belgia yang melarang penyembelihan hewan secara halal.

Langkah Asosiasi Muslim itu diumumkan pada Jumat (1/10/2021).

“Kantor Eksekutif Muslim di Belgia dan Dewan Koordinasi Institusi Islam Belgia memutuskan mengajukan banding terhadap putusan di pengadilan Eropa yang berbasis di Strasbourg setelah badan yudisial Belgia menyetujui larangan tersebut pada Kamis,” ungkap pernyataan organisasi Muslim tersebut.



"Teknik penyembelihan sesuai agama saat ini merupakan alternatif lengkap untuk hewan yang menakjubkan dan sepenuhnya kompatibel dengan persyaratan kesehatan masyarakat, keamanan pangan, dan kesejahteraan hewan," papar pernyataan mereka.



"Kewajiban yang menakjubkan, di sisi lain, hanyalah ukuran simbolis emosional, yang hanya berfungsi, merugikan minoritas agama, untuk menenangkan hati nurani konsumen rata-rata dan untuk mengaburkan kenyataan bahwa hewan dibesarkan sebagai objek konsumsi di kios-kios mega industri," ungkap pernyataan mereka.



Pada 2019, undang-undang baru tentang perlindungan dan kesejahteraan hewan mulai berlaku di wilayah Wallonia dan Flanders di Belgia.

Hukum melarang penyembelihan sesuai ritual tradisional Muslim dan Yahudi dengan mewajibkan para tukang jagal hewan untuk menyetrum hewan sebelum memotongnya.

Organisasi Muslim dan Yahudi menentang RUU tersebut, dengan alasan bahwa larangan penyembelihan ritual bertentangan dengan kebebasan beragama.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2385 seconds (0.1#10.140)