Presiden Filipina Rodrigo Duterte Umumkan Pensiun dari Dunia Politik

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 16:39 WIB
loading...
Presiden Filipina Rodrigo Duterte Umumkan Pensiun dari Dunia Politik
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto/REUTERS
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan dia tidak akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden dalam pemilu 2022. Dia akan pensiun dari politik sepenuhnya.

Duterte, yang telah menjadi presiden sejak 2016, tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri lagi dalam pemilu presiden tahun depan.

Partai PDP-Laban yang berkuasa malah menominasikan pria berusia 76 tahun itu untuk posisi wakil presiden.



Tetapi Duterte mengumumkan pada Sabtu (2/10/2021) bahwa dia tidak akan mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden. Dia mengatakan telah membuat keputusan ini sebagai tanggapan atas “keinginan publik.”



"Hari ini, saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik," ujar dia saat muncul di pusat Komisi Pemilu di ibukota Manila bersama Senator Christopher 'Bong' Go yang terdaftar sebagai kandidat wakil presiden partai PDP-Laban sebagai gantinya.



"Sentimen yang luar biasa ... dari orang Filipina adalah bahwa saya tidak memenuhi syarat dan itu akan menjadi pelanggaran konstitusi untuk menghindari hukum, semangat konstitusi untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden,” papar Duterte bersikeras.

Keputusan Duterte keluar dari persaingan dapat membuka jalan bagi putrinya Sara Duterte-Carpio untuk mencalonkan diri sebagai pejabat tertinggi di negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)