Sepak Terjang Adik Kim Jong-un yang Akan Jadi Wanita Paling Berbahaya di Dunia

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 07:37 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 2018, dia memimpin delegasi ke Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang, menjadi tokoh pertama dari dinasti politik keluarganya yang mengunjungi Korea Selatan dalam kapasitas formal.



Kim Yo-jong saat itu bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan berfoto dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Wakil Presiden Amerika Mike Pence.

Di dalam negeri, visi kunjungannya yang sukses mendominasi media yang dikendalikan negara dan para pakar menyatakannya sebagai tanda ambisi kepemimpinannya.

Sojin Lim, dosen senior dalam Studi Korea dan wakil direktur Institut Internasional Studi Korea di Universitas Central Lancashire mengatakan sang "first sister" telah menikmati peningkatan yang berkelanjutan.

Tanda baru dari ini muncul minggu lalu, setelah Presiden Moon Jae-in berbicara di Majelis Umum PBB dan menyerukan diakhirinya perang di semenanjung Korea. Ini adalah permohonan perdamaian yang telah dia buat berkali-kali, dan seperti biasa, itu memicu penolakan pahit dari pejabat Korea Utara.

Namun sangat kontras, hanya sehari kemudian, Kim Yo-jong mengatakan gagasan perdamaian itu “mengagumkan”—meskipun, dengan sejumlah syarat.

"Apa yang perlu dihilangkan adalah sikap berbelit-belit, prasangka tidak logis, kebiasaan buruk, dan sikap bermusuhan yang membenarkan tindakan mereka sendiri sambil menyalahkan pelaksanaan hak membela diri kita yang adil," kata Kim Yo-jong.

"Retorika semacam itu, terutama yang sangat penting, biasanya datang dari kakaknya," tulis Lim dalam sebuah artikel untuk The Conversation.

“Episode menarik lainnya dapat menyoroti hubungan kekuasaan antara dirinya dan saudara laki-lakinya,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)