Sambut Hari Nasional, China Kerahkan 25 Jet Tempur ke Zona Pertahanan Taiwan

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 22:27 WIB
loading...
Sambut Hari Nasional, China Kerahkan 25 Jet Tempur ke Zona Pertahanan Taiwan
Pesawat pengebom H-6 berkemampuan nuklir milik China. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Angkatan Udara Taiwan kerahkan pesawat pada Jumat (1/10/2021) untuk memperingatkan 25 pesawat China yang memasuki zona pertahanan udaranya.

Pernyataan itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Taiwan di Taipei, pada hari yang sama ketika China menandai hari nasional berdirinya Republik Rakyat China.

Taiwan yang diklaim China telah mengeluh selama satu tahun atau lebih tentang misi berulang oleh Angkatan Udara China di dekat pulau Taiwan.



Aksi China itu seringkali terjadi di bagian barat daya zona pertahanan udara Taiwan dekat dengan Kepulauan Pratas yang dikuasai Taipei.



“Misi terbaru China melibatkan 18 pesawat tempur J-16 dan empat Su-30 ditambah dua pesawat pengebom H-6 berkemampuan nuklir dan satu pesawat anti-kapal selam,” ungkap pernyataan Kementerian Pertahanan Taiwan.



Taiwan mengirim pesawat tempur untuk memperingatkan pesawat China, sementara sistem rudal dikerahkan untuk memantau mereka.

Pesawat China semuanya terbang di daerah yang dekat dengan Pratas, dengan dua pembom terbang paling dekat dengan atol, menurut peta yang dikeluarkan Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)