Jenderal Tertinggi Pentagon: AS Kalah dalam Perang 20 Tahun di Afghanistan

Kamis, 30 September 2021 - 08:26 WIB
loading...
A A A


Dia juga mengutip keputusan tahun 2003 untuk menyerang Irak, yang menggeser pasukan AS dari Afghanistan."Yang tidak secara efektif berurusan dengan Pakistan sebagai tempat perlindungan (Taliban),” katanya.

Invasi ke Irak itu pula yang membuat AS menarik beberapa penasihat militernya dari Afghanistan.

Biden, pada bulan April, memerintahkan penarikan penuh pasukan AS dari Afghanistan pada 31 Agustus, menindaklanjuti kesepakatan yang dicapai dengan Taliban oleh mantan presiden Donald Trump.

Milley dan Jenderal Kenneth McKenzie, komandan Komando Pusat AS, sebelumnya mengatakan kepada komite Parlemen bahwa mereka secara pribadi merekomendasikan bahwa sekitar 2.500 tentara tetap berada di tanah di Afghanistan.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Biden telah menerima saran "terpisah" tentang apa yang harus dilakukan di Afghanistan, yang diserbu Amerika Serikat setelah serangan al-Qaeda 11 September 2001 di New York dan Washington.

“Pada akhirnya, terserah panglima tertinggi untuk membuat keputusan,” kata Psaki. “Dia membuat keputusan bahwa sudah waktunya untuk mengakhiri perang 20 tahun.”
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)