Futlyar, Torpedo Penegas Kekuatan Maritim Rusia

Selasa, 02 Juni 2020 - 04:30 WIB
loading...
A A A
Dari luar, torpedo baru itu menyerupai tabung hijau sepanjang tujuh meter dengan moncong pipih. Selain itu, torpedo ini dilengkapi dengan sirip ekor untuk bermanuver di bawah air. Salah satu perbedaan utama Futlyar dibandingkan pendahulunya adalah mesin piston aksialnya.

“Para ilmuwan telah berhasil mengurangi kebisingan torpedo secara signifikan dengan mengembangkan kembali konsep mesin torpedo bawah air dan gerakan pistonnya yang terhubung pada poros,” kata Kapten Cadangan Angkatan Laut Tingkat III Rusia, Dmitry Litovkin.

Menurut militer Rusia, Futlyar akan mampu menghantam kapal dan kapal selam musuh pada jarak 60 km. Kali ini, torpedo akan meluncur melalui air menuju target dengan kecepatan lebih dari 120 kilometer perjam.

Litovkin mengatakan, Futlyar ditujukan untuk kapal selam tipe Yasen dan tipe Borey. Masing-masing kapal selam itu dilengkapi dengan kompartemen torpedo untuk memuat 30 dan 40 rudal bawah air. Dengan demikian, setiap kapal selam generasi baru akan dilengkapi dengan puluhan torpedo kelas Futlyar.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)