Gara-gara Kesepakatan Gas Rusia, Hungaria Bersitegang dengan Ukraina

Selasa, 28 September 2021 - 22:32 WIB
loading...
Gara-gara Kesepakatan Gas Rusia, Hungaria Bersitegang dengan Ukraina
Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto. Foto/TASS
A A A
BUDAPEST - Kementerian Luar Negeri Hungaria telah memanggil duta besar Ukraina atas reaksi Kiev terhadap kesepakatan baru Budapest dengan raksasa energi Gazprom Rusia .

"Tindakan pemerintah Ukraina yang ditujukan terhadap kesepakatan, melalui Komisi Eropa, sangat keterlaluan," tulis Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto di akun Facebooknya.

"Ukraina tidak ada hubungannya dengan mereka yang membuat kesepakatan," tegasnya seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (28/9/2021).

Dia menyatakan bahwa Budapest memandang langkah-langkah Kiev sebagai pelanggaran kedaulatan dan kepentingan keamanan nasional.

Budapest menuduh Ukraina ikut campur dalam keputusan politik kedaulatannya setelah Kiev mengecam pengaturan itu sebagai keputusan yang dibuat hanya untuk melayani kepentingan Moskow.



Kesepakatan ini akan memperlihatkan sekitar setengah dari pasokan gas tahunan negara itu diangkut melalui Balkan dan Austria. Efektif mulai Jumat, pengaturan baru akan membuat Kien menelan biaya jutaan dalam biaya transit.

Eksekutif top gas Ukraina Sergey Makogon menyebut kesepakatan itu sebagai contoh lebih lanjut dari sikap Kremlin terhadap tetangganya. Sementara itu Menteri Luar Negeri negara itu mengklaim bahwa mengambil bisnis di tempat lain merugikan kepentingan nasional Ukraina dan bukan sebuah keputusan yang dibenarkan secara ekonomi tetapi dibuat untuk murni menyenangkan Kremlin.

Namun, Menteri Luar Negeri Hungaria membalas bahwa Ukraina hanya mencampuri urusan dalam negeri negaranya.

"Bagi Hungaria, keamanan energi adalah masalah keamanan, kedaulatan, dan ekonomi daripada masalah politik. Anda tidak dapat memanaskan rumah dengan pernyataan politik," kata Peter Szijjarto setelah para eksekutif menandatangani kesepakatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)