Bos Mata-mata Rusia: AS Tak Terima Kenyataan Bukan Lagi Hegemoni Global

Selasa, 28 September 2021 - 10:40 WIB
loading...
Bos Mata-mata Rusia: AS Tak Terima Kenyataan Bukan Lagi Hegemoni Global
Kepala Badan Intelijen Asing (SVR) Rusia, Sergey Naryshkin, sebut AS tak terima kenyataan bukan lagi sebagai hegemoni global. Foto/TASS
A A A
MOSKOW - Bos mata-mata Rusia , Sergey Naryshkin, mengatakan Amerika Serikat (AS) tidak mau menerima kenyataan bahwa Washington bukan lagi berperan sebagai hegemoni global.

Naryshkin, kepala Badan Intelijen Asing (SVR) Rusia, mencontohkan kekacauan dalam penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan akibat salah perhitungan sendiri.



Menurutnya, AS gagal di Afghanistan karena salah menghitung kemampuannya sendiri dan ingin memasang model masyarakatnya sendiri di negeri orang.

“Apa yang terjadi di Afghanistan dengan penarikan terburu-buru dan melarikan diri dari pemerintah boneka adalah konsekuensi dari kebijakan destruktif Amerika, karena mencoba untuk memaksakan model pembangunan sosialnya di Afghanistan,” kata Naryshkin dalam sebuah wawancara dengan Oksana Boyko dari Russia Today, Senin (27/9/2021).

Bos mata-mata itu mengatakan kesalahan atas bagaimana situasi yang terjadi harus ditanggung oleh seluruh komunitas intelijen AS, termasuk CIA, serta Departemen Luar Negeri dan kantor penasihat keamanan nasional Gedung Putih.

"Saya juga yakin bahwa kepemimpinan AS memiliki semua intelijen tentang situasi di lapangan dan perkembangan potensial. Mereka tidak memperhitungkan satu hal—kemampuan mereka sendiri," katanya.

"Mereka tidak ingin menghadapi kebenaran, jika Anda mau. Dan kenyataannya adalah bahwa AS tidak lagi mampu memainkan peran hegemoni global, yang telah ditugaskan sendiri," paparnya.

AS memimpin invasi ke Afghanistan pada tahun 2001 tak lama setelah presiden saat itu George W. Bush mengumumkan kampanye global melawan terorisme sebagai pembalasan atas serangan 9/11 di tanah Amerika.

Pada saat itu, kata Naryshkin, masyarakat internasional sebagian besar berasumsi bahwa pasukan AS akan mengendalikan situasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)