Biden Gelar KTT Quad di Tengah Kekhawatiran Terhadap China

Sabtu, 25 September 2021 - 09:44 WIB
loading...
A A A
“Yang benar-benar ingin dibahas oleh keempat pemimpin ini adalah China, dan pengaruh China yang semakin besar dalam semua aspek kehidupan, tidak hanya untuk negara masing-masing, tetapi di seluruh dunia sekarang,” kata koresponden Gedung Putih Al Jazeera Kimberly Halkett.

Sebelumnya, China mengkritik kelompok itu sebagai kelompok "eksklusif", dengan mengatakan ditakdirkan untuk gagal.

KTT Quad datang saat Washington lebih menekankan pada kemitraan di kawasan Indo-Pasifik.

Awal bulan ini, pemerintahan Biden mengumumkan pakta keamanan dengan Inggris dan Australia. Aliansi baru, yang dijuluki AUKUS, akan melihat Washington dan London membantu Canberra memperoleh kapal selam bertenaga nuklir.

China mengecam keras AUKUS, menyebutnya sebagai ancaman sangat tidak bertanggung jawab terhadap stabilitas regional.



Para pejabat AS mengatakan baik Quad dan AUKUS dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama antara sekutu dan tidak ditujukan terhadap negara mana pun.

“Pada awal pemerintahan, presiden mengindikasikan bahwa dia ingin membawa lembaga ini – yang merupakan pertemuan informal dari negara-negara demokrasi terkemuka di Indo-Pasifik – dan pada dasarnya mengangkatnya ke tingkat pemimpin dan untuk memastikan bahwa kita bekerja sama untuk membangun jalur komunikasi yang lebih baik dan memperkuat kerja sama dan kebiasaan kerja sama di antara kita,” kata seorang pejabat pemerintah AS kepada wartawan sebelum KTT.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Quad bukan pertemuan keamanan atau aparat keamanan.

Perdana Menteri India Narendra Modi, yang bertemu dengan Biden di Gedung Putih sebelumnya, mengatakan Quad akan menjadi kekuatan untuk kebaikan global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)