Biden Gelar KTT Quad di Tengah Kekhawatiran Terhadap China

loading...
Biden Gelar KTT Quad di Tengah Kekhawatiran Terhadap China
Presiden AS Joe Biden menggelar KTT Quad di tengah kekhawatiran terhadap China. Foto/Al Jazeera
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumpulkan para pemimpin Jepang , Australia dan India di Gedung Putih untuk memperkuat kemitraan yang muncul dari empat negara Indo-Pasifik, yang dikenal sebagai Quad, bersatu dalam kekhawatiran mereka tentang China .

Ini adalah pertemuan langsung pertama aliansi Quad Indo-Pasifik .

Pertemuan yang berlangsung selama dua jam pada hari Jumat waktu AS itu bertujuan untuk mempererat kemitraan di tengah tantangan global dan meningkatnya persaingan dengan China di kawasan Indo-Pasifik.

Pada awal pertemuan, Biden mengumumkan program fellowship yang memungkinkan siswa dari empat negara untuk mengejar gelar di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) di universitas-universitas AS.



Presiden AS juga mengatakan negara-negara itu bersatu untuk menghadapi tantangan utama, dari COVID-19 hingga iklim hingga teknologi baru.

“Kami tahu bagaimana menyelesaikan sesuatu, dan kami siap menghadapi tantangan,” tambah Biden dalam pidato sambutan pembukaan pada pertemuan tersebut seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: Biden kepada PBB: AS Tidak Ingin Perang Dingin Baru dengan China

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mempertegas pernyataan Biden, memuji dorongan oleh empat negara yang diumumkan awal tahun ini untuk memproduksi satu miliar vaksin COVID-19 .

“Kami percaya pada Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, karena kami tahu itulah yang menghasilkan kawasan yang kuat, stabil, dan sejahtera,” ujar Morrison.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top