Erdogan Menantang AS, Keukeuh Lanjutkan Boyong S-400 Rusia

Sabtu, 25 September 2021 - 08:41 WIB
loading...
A A A
Dia kemudian menegaskan bahwa dia berencana untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir bulan. Keduanya diperkirakan akan membahas sejumlah masalah, termasuk Suriah.

Selama wawancara, Erdogan juga mengatakan bahwa dia lebih suka AS menarik 900 tentaranya yang tersisa di negara tetangga Suriah. Pasukan Turki tetap berada di bagian utara negara itu sejak serangan militernya untuk memerangi pasukan Kurdi sekutu AS, setelah Trump berusaha menarik semua pasukan AS pada musim gugur 2019.

Ini hanyalah salah satu dari banyak gangguan dalam hubungan antara AS dan Turki, yang tetap menjadi kekuatan utama di Timur Tengah dan anggota NATO. Sebagai kandidat presiden, Biden mengatakan kepada dewan redaksi The New York Times pada Januari 2020 bahwa Erdogan adalah "seorang otokrat," dan mengutip kekuatannya yang luas dan penyalahgunaan kekuasaan. Erdogan tampaknya menepis kritik itu.

"Definisi Tuan Presiden tentang seorang otokrat tetap tidak saya ketahui, saya tidak tahu apa maksudnya," kata Erdogan kepada Brennan.

Dia juga mengatakan bahwa Presiden Biden tidak pernah menyampaikan kekhawatiran tentang masalah pelanggaran hak asasi manusia kepadanya selama percakapan pribadi mereka.

Sesuai dengan indeks peringkat dunia tahun 2020 Komite Perlindungan Jurnalis, Turki adalah penjara jurnalis terburuk kedua - setelah China - dan lebih buruk dari Iran dan Arab Saudi. Pemerintah Erdogan juga menangkap dan mendakwa sekitar 36.000 orang di Turki yang dituduh mengkritiknya atau terkait dengan tokoh-tokoh yang diyakini bertanggung jawab atas upaya kudeta untuk menggulingkannya pada 2016.



Presiden Biden terakhir bertemu dengan Erdogan di Brussel Juni lalu. Pada saat itu, tampaknya ada peluang untuk terobosan dalam hubungan yang bermasalah. Erdogan mengatakan kepada CBS News bahwa Biden-lah yang memintanya untuk mempertimbangkan agar pasukan Turki menjalankan bandara di Kabul setelah penarikan AS. Itu adalah peluang kunci, dan Erdogan mengatakan dia terbuka dengan gagasan itu dengan syarat dukungan logistik dan keuangan.

“Ini termasuk dukungan keuangan dan peralatan, amunisi, kendaraan dan senjata di sana akan ditransfer kepada kami. Tetapi hal-hal seperti itu telah terjadi sehingga yang terjadi justru sebaliknya,” tutur Erdogan.

Penarikan pasukan AS dan caranya yang kacau membuat pasukan NATO juga berebut. Turki, yang memiliki tentara terbesar kedua di NATO, juga menarik diri dari negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)