Kapsul SpaceX dengan Astronot Sipil Pertama di Dunia Siap Mendarat di Atlantik

Minggu, 19 September 2021 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Ini juga menandai penerbangan debut bisnis pariwisata ruang angkasa baru Musk dan lompatan di depan pesaing yang juga menawarkan tumpangan roket kepada pelanggan kaya yang bersedia membayar uang untuk mengalami kegembiraan luar angkasa dan mendapatkan gelar astronot amatir.

Tim Inspiration4 dipimpin dermawan yang kaya, Jared Isaacman, CEO perusahaan e-commerce Shift4 Payments Inc yang mengambil peran sebagai "komandan" misi.

Dia telah membayar sejumlah uang yang tidak diungkapkan tetapi dilaporkan sangat besar kepada Musk untuk keempat kursi di atas Crew Dragon.

Majalah Time menyebut uang yang dibayar sekitar USD200 juta untuk perjalanan antariksa itu.

Isaacman bergabung dengan tiga awak yang kurang makmur yang telah dia pilih yakni geoscientist dan mantan kandidat astronot NASA Sian Proctor, 51, asisten dokter dan penyintas kanker tulang masa kanak-kanak Hayley Arceneaux, 29, dan insinyur data kedirgantaraan dan veteran Angkatan Udara Chris Sembroski, 42.

Isaacman merencanakan penerbangan ini terutama untuk meningkatkan kesadaran dan donasi untuk salah satu tujuan favoritnya, Rumah Sakit Penelitian Anak St Jude, pusat kanker pediatrik terkemuka di Memphis, Tennessee, tempat Arceneaux menjadi pasien dan tempatnya bekerja sekarang.

Awak Inspiration4 tidak berperan dalam menerbangkan pesawat ruang angkasa itu. Pesawat itu dioperasikan oleh tim penerbangan berbasis darat dan sistem panduan onboard, meskipun Isaacman dan Proctor keduanya adalah pilot berlisensi.

SpaceX sudah menduduki peringkat sebagai pemain paling mapan di konstelasi bisnis roket komersial yang sedang berkembang.

Perusahaan itu telah meluncurkan banyak muatan kargo dan astronot ke stasiun luar angkasa untuk NASA.

Dua operator saingan, Virgin Galactic Holdings Inc dan Blue Origin, meresmikan layanan astro-wisata mereka sendiri dalam beberapa bulan terakhir, dengan pendiri masing-masing Richard Branson dan pendiri Amazon.com Jeff Bezos, masing-masing ikut dalam perjalanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)