Kapsul SpaceX dengan Astronot Sipil Pertama di Dunia Siap Mendarat di Atlantik

Minggu, 19 September 2021 - 00:01 WIB
loading...
Kapsul SpaceX dengan Astronot Sipil Pertama di Dunia Siap Mendarat di Atlantik
Kru Inspiration4 yakni Jared Isaacman, Sian Proctor, Hayley Arceneaux, dan Chris Sembroski, terlihat saat hari pertama di antariksa pada foto yang dirilis 17 September 2021. Foto/REUTERS
A A A
FLORIDA - Kuartet astronot warga sipil yang baru dibentuk dalam misi SpaceX Inspiration4 dijadwalkan mendarat di samudera Atlantik, lepas pantai Florida pada Sabtu (18/9/2021).

Pendaratan itu menyelesaikan penerbangan tiga hari oleh kru sipil pertama yang pernah diluncurkan ke orbit Bumi.

Untuk mempersiapkan masuknya kembali ke atmosfer dan ke Bumi, kapsul SpaceX Crew Dragon menyelesaikan dua "pembakaran" roket pada Jumat untuk menurunkan ketinggiannya dan menyelaraskan lintasan kapsul dengan lokasi pendaratan yang ditargetkan.



“Kapsul Dragon yang dijuluki Resilience, dijadwalkan terjun payung ke laut sekitar pukul 7 malam waktu bumi bagian timur, sesaat sebelum matahari terbenam,” ungkap pernyataan SpaceX, perusahaan roket swasta yang didirikan CEO Tesla Inc Elon Musk.



SpaceX meluncurkan para astronot sipil dari Florida dan menerbangkannya dari kantor pusat perusahaan di pinggiran kota Los Angeles.



Tim Inspiration4 meluncur pada Rabu dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral di atas salah satu roket Falcon 9 dua tahap SpaceX yang dapat digunakan kembali.

Dalam waktu tiga jam, kru kapsul telah mencapai ketinggian orbit jelajah lebih dari 585 km, lebih tinggi dari Stasiun Antariksa Internasional atau Teleskop Luar Angkasa Hubble, dan yang terjauh yang pernah diterbangkan manusia dari Bumi sejak misi bulan Apollo NASA berakhir pada 1972. .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)