Al-Sahrawi, Sosok Kejam Pemimpin ISIS Sahel yang Dihabisi Prancis

Kamis, 16 September 2021 - 22:31 WIB
loading...
A A A
Al-Sahrawi terlibat dalam pemberontakan Sahel sejak awal, sebagai anggota Gerakan untuk Kesatuan dan Jihad di Afrika Barat (MUJAO), salah satu milisi Islam yang menguasai Mali utara.

Sebelum intervensi Prancis, al-Sahrawi adalah juru bicara MUJAO yang bersekutu dengan al-Qaeda di kota utara Gao. Di sana, ia mendapatkan reputasi sebagai penegak hukum Syariah yang tidak fleksibel.

Seorang pejabat terpilih di kota itu, yang meminta namanya tidak disebutkan, mengatakan bahwa lebih banyak pencuri yang dipotong tangannya di Gao daripada di tempat lain.

"Itu karena instruksi Abu Walid," katanya, merujuk pada al-Sahrawi, seperti dikutip dari AFP, Kamis (16/9/2021).



MUJAO kemudian bergabung dengan kelompok lain untuk membentuk milisi al-Mourabitoune, di bawah kepemimpinan Mokhtar Belmokhtar dari Aljazair.

Namun pada tahun 2015, al-Sahrawi berjanji setia kepada kelompok Negara Islam (IS atau ISIS), yang pada saat itu menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah.

Dilaporkan merekrut dari kelompok penggembala tradisional Fulani, ISGS aktif di wilayah perbatasan tanpa hukum yang menghubungkan Mali, Burkina Faso dan Niger, di mana ISGS menerapkan interpretasi kerasnya terhadap hukum Syariah.

Namun, kelompok ekstrimis ini menjadi terkenal di dunia pada tahun 2017, setelah serangan di Niger yang menewaskan pasukan khusus AS.

Antara akhir 2019 dan awal 2020, ISGS juga berada di balik serangkaian serangan terhadap pangkalan militer di Mali, Burkina Faso, dan Niger yang menewaskan ratusan tentara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)