Taliban Setor Uang dan Emas Rampasan Perang ke Bank Sentral Afghanistan

loading...
Taliban Setor Uang dan Emas Rampasan Perang ke Bank Sentral Afghanistan
Taliban telah menyerahkan sekitar USD 12,3 juta uang tunai dan beberapa emas ke Da Afghanistan Bank (DAB), yang merupakan bank sentral negara itu. Foto/REUTERS
KABUL - Taliban telah menyerahkan sekitar USD 12,3 juta uang tunai dan beberapa emas ke Da Afghanistan Bank (DAB), yang merupakan bank sentral negara itu. Uang dan batangan emas itu adalah hasil “rampasan perang” Taliban.

Uang tunai dan emas tersebut ditemukan Taliban saat mereka menggeledah rumah-rumah pejabat pemerintah Afghanistan sebelumnya. Baca juga: Berontak Atas Aturan Berpakaian Taliban, Perempuan Afghanistan: Jangan Sentuh Pakaian Saya!

“Uang tunai dan emas batangan yang ditemukan dari rumah mantan pejabat pemerintah dan kantor lokal bekas badan intelijen pemerintah telah dikembalikan ke perbendaharaan Bank Da Afghanistan,” kata bank itu dalam sebuah pernyataan.

"Pejabat Imarah Islam Afghanistan telah menyerahkan aset ke perbendaharaan nasional membuktikan komitmen mereka terhadap transparansi," sambungnya, menggunakan nama lain Taliban, seperti dilansir Xinhua pada Kamis (16/9/2021).



Mayoritas uang dan emas tersebut ditemukan Taliban di kediaman mantan Wakil Presiden Afghanistan, Amrullah Saleh. Di mana, total USD 6,5 juta dan 18 batang emas ditemukan dari kediaman Saleh. Baca juga: Taliban Bantah Para Pemimpinnya Berkelahi di Istana Kepresidenan

Saleh adalah wakil presiden pertama dalam pemerintahan mantan Presiden Ashraf Ghani. Saleh kemudian menyatakan dirinya sebagai presiden sementara Afghanistan setelah Ghani melarikan diri saat Taliban menyerbu Kabul.

Kepala cabang multimedia Taliban, Ahmadullah Muttaqi melalui Twitter memposting video penggeledahan di kediaman Saleh. Video itu menunjukkan anggota Taliban duduk di sekitar tiga koper berisi uang tunai dan beberapa batang emas.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top