Coba Dakwa PM Terkait Pembunuhan Presiden, Jaksa Haiti Dipecat

Rabu, 15 September 2021 - 18:24 WIB
loading...
Coba Dakwa PM Terkait Pembunuhan Presiden, Jaksa Haiti Dipecat
Kepala kejaksaan Haiti, Bed-Ford Claude. Foto/Russia Today
A A A
PORT AU PRINCE - Kepala Jaksa Haiti dipecat dan diganti setelah menyerukan dakwaan terhadap perdana menteri negara itu atas pembunuhan Presiden Jovenel Moise . Namun surat pemecatan mengklaim keputusan itu terkait dengan "kesalahan administrasi."

Kepala jaksa penuntut umum Bed-Ford Claude diberhentikan pada hari Selasa waktu setempat, dengan penggantinya dilantik hanya dalam beberapa jam kemudian. Claude dipecat setelah meminta hakim yang mengawasi penyelidikan pembunuhan Moise untuk mendakwa Perdana Menteri Ariel Henry atas dugaan perannya dalam pembunuhan itu.

Claude pertama kali mengangkat tuduhan itu minggu lalu, mengklaim bahwa catatan telepon membuktikan bahwa Henry telah berkomunikasi dengan tersangka utama dalam pembunuhan Moise dua kali pada malam pembunuhannya. Henry sebelumnya membela tersangka – Joseph Badio, mantan pejabat di Kementerian Kehakiman – di depan umum, tetapi Badio telah melarikan diri dan keberadaannya saat ini tidak diketahui.

Claude menuduh bahwa Henry melakukan dua panggilan telepon dengan Badio antara 04:03 dan 04:20 pada tanggal 7 Juli, dan bahwa Badio berada di sebuah hotel dekat rumah Moise pada saat panggilan tersebut.



Selain permintaannya untuk menuntut Henry, Claude juga menulis surat ke layanan imigrasi Haiti, memintanya untuk melarang PM meninggalkan negara itu karena dugaan serius terkait pembunuhan presiden. Pemecatannya menjadi jelas hanya beberapa jam setelah permintaan itu seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (15/9/2021).

Surat pemecatan yang diperoleh Reuters dan tertanggal 13 September menyatakan bahwa Claude telah melakukan kesalahan administratif yang serius, tetapi tidak memberikan alasan lain atas pemecatannya. Sebuah surat terpisah tertanggal untuk hari berikutnya menunjuk Frantz Louis Juste sebagai penggantinya.

Namun, legalitas penghentian Claude tidak jelas, karena konstitusi Haiti menyatakan bahwa hanya presiden yang dapat mengangkat dan memberhentikan kepala jaksa negara. Kepresidenan tetap kosong setelah pembunuhan Moise pada 7 Juli lalu oleh orang-orang bersenjata di rumahnya dekat Port au Prince.

Juga masih belum jelas apakah Claude secara resmi dicopot sebelum permintaannya kepada hakim untuk mendakwa Perdana Menteri, karena surat penghentian menyatakan pemecatannya efektif segera setelah ia menerima dokumen, menurut Associated Press, yang juga memperoleh salinan dari surat itu. Tidak diketahui kapan Claude benar-benar menerima surat itu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)