Israel Tuding Iran Beri Pelatihan Drone kepada Milisi di Isfahan

Minggu, 12 September 2021 - 21:54 WIB
loading...
Israel Tuding Iran Beri Pelatihan Drone kepada Milisi di Isfahan
Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz menuduh Iran memberikan pelatihan drone kepada milisi asing di sebuah pangkalan udara dekat kota Isfahan. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz menuduh Iran memberikan pelatihan drone kepada milisi asing di sebuah pangkalan udara dekat kota Isfahan. Klaim ini datang satu bulan setelah Teheran diduga melakukan serangan drone terhadap sebuah kapal tanker yang dikelola Israel di lepas pantai Oman.

Israel telah menggabungkan operasi militer dengan tekanan diplomatik untuk mengalahkan apa yang digambarkannya sebagai upaya musuh bebuyutannya, untuk memperkuat pengaruh regional melalui gerilyawan sekutu.

Dalam upaya terbarunya, Gantz mengatakan Teheran menggunakan pangkalan udara Kashan di utara Isfahan untuk melatih milisi untuk melakukan operasi teror dari Yaman, Irak, Suriah, dan Lebanon dengan menggunakan drone buatan Iran.

“Iran juga mencoba untuk mentransfer pengetahuan yang memungkinkan pembuatan drone di Jalur Gaza, di perbatasan selatan Israel,” kata Gantz, seperti dilansir Reuters pada Minggu (12/9/2021).

Kementerian Pertahanan Israel kemudian merilis apa yang dikatakannya sebagai gambar satelit yang menunjukkan drone di landasan pacu di Kashan.

Iran sendiri sejauh ini belum memberikan komentar apapun mengenai tudingan Israel tersebut. Namun, bila menilik ke belakang, Iran selalu membantah bahwa mereka mendukung kelompok-kelompok milisi di kawasan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)