Eks Presiden Rusia: Peringatan 9/11 Saatnya Merefleksikan Kegagalan Perang Melawan Teror AS

Minggu, 12 September 2021 - 07:30 WIB
loading...
Eks Presiden Rusia: Peringatan 9/11 Saatnya Merefleksikan Kegagalan Perang Melawan Teror AS
Seorang wanita meletakkan bunga di Peringatan 9/11 pada peringatan 20 tahun serangan 11 September di Manhattan, New York City. Foto/Al Jazeera
A A A
MOSKOW - Peringatan serangan teroris 9/11 harus memusatkan pikiran pada kegagalan intervensi Amerika Serikat (AS) di Afghanistan untuk mengalahkan terorisme , tujuan yang membutuhkan seluruh komunitas internasional. Hal itu diungkapkan mantan presiden Rusia Dmitry Medvedev.

Dia menggambarkan kampanye yang dipimpin AS di Afghanistan mengikuti prinsip "darah ganti darah" yang didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa di mana selama lebih dari 20 tahun USD1,5 triliun "dikubur" di negara itu dalam pengeluaran yang sama sekali tidak ada gunanya.

Dalam opininya untuk Gazyeta.ru, presiden Rusia dari 2008 hingga 2012 itu mengatakan AS tidak mencapai tujuan utama yang diumumkan Presiden George W. Bush setelah serangan 11 September yaitu untuk mengalahkan terorisme di Afghanistan.

"Karena banyak kesalahan perhitungan Amerika Serikat, termasuk dalam kebijakan Timur Tengahnya, teroris terus beroperasi di wilayah negara itu," katanya, mencatat ancaman khusus militan Negara Islam di wilayah tersebut dan lebih jauh lagi.

Medvedev, juga mantan perdana menteri yang sekarang menjabat sebagai wakil ketua Dewan Keamanan Rusia, mengatakan bahwa Washington telah bersusah payah untuk menggambarkan keluarnya AS bulan lalu sebagai sesuatu yang sukarela karena pemerintahan Biden ingin menyelamatkan reputasi dan kredibilitas NATO.



"Pemerintah AS menolak untuk mengakui kekalahan. Sebaliknya, ia mulai menggunakan formula 'kami tidak diusir, kami pergi atas kemauan kami sendiri,'" katanya seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (12/9/2021).

Dia merujuk pada komentar Presiden Joe Biden bahwa penarikan itu hanya berarti akhir dari kampanye Afghanistan, tetapi juga mengakhiri era operasi militer besar untuk membentuk kembali negara-negara lain.

Dalam pandangan Medvedev, kata-kata Biden adalah pengakuan terbuka oleh Washington atas runtuhnya strategi untuk menegaskan kehadiran militer-politiknya di mana-mana.

"Semua upaya pembangunan militer AS di Afghanistan benar-benar berubah menjadi debu dalam semalam," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)